Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Bukan Main! Antusias Emak-emak Ikut Lomba Burdah Tingkat Desa Air Paoh


Baturajaradio.com
- Penggalan lirik lagu qosidah yang populer di telinga masyarakat itu kembali didengungkan emak-emak (baca: kaum ibu) di aula Kantor Desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Dengan semangatnya, emak-emak yang tergabung dalam berbagai kelompok pengajian majelis taklim tersebut menabuh rebana dan instrumen lainnya untuk mengiringi sang vokal.

Mereka tampil ke atas pentas satu persatu. Dan tampil cantik mengenakan seragam berbeda tiap kelompok.

Diketahui, ibu-ibu ini sedang mengikuti lomba qoshidah Burdah yang diadakan Pemerintah Desa (Pemdes) Air Paoh, Kamis (15/6/23).

Lomba yang pertama kali diadakan Pemdes Air Paoh, itu mengusung tema “Dengan Seni Islam Kita Tingkatkan Persaudaraan”.

Kepala Desa (Kades) Air Paoh, Arsan, mengatakan bahwa pihaknya tertarik menggelar lomba Burdah ini lantaran tertarik melihat penampilan ibu-ibu di acara hari-hari besar Islam.

“Bukan main antusias ibu-ibu ini kalau sedang tampil. Dan saya pun senang melihatnya. Karena itulah kami tertarik menggelar lomba Burdah tingkat desa Air Paoh. Ini yang pertama, dan ini adalah inisiatif kami sendiri bersama staf. Alhamdulillah bisa terlaksana hari ini,” ujar Arsan.

Lebih lanjut dirinya melaporkan, bahwa di wilayah Desa Air Paoh terdapat 16 Masjid dan dua Musholla.

“Yang sudah mempunyai Burdah ada sembilan Masjid dan satu Musholla,” beber Arsan.

Pihaknya akan terus menggalakkan seni budaya Islam ini agar terlestarikan. Serta mendorong para ketua Masjid dan ketua Majelis Taklim dapat bersemangat membentuk Burdah.

“Insya Allah tahun depan kita adakan lagi. Melalui lomba ini mari kita bangun kebersamaan untuk membudayakan dan melestarikan salah satu seni budaya Islam, yakni Burdah,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Baturaja Timur Ogan Amrin yang membuka lomba, memberikan apresiasi atas terselenggaranya lomba Burdah yang digelar Pemdes Air Paoh itu.

Menurut dia, lomba macam ini bisa menjadi contoh bagi Pemdes dan Kelurahan lainnya di wilayah Baturaja Timur.

“Kegiatan ini merupakan bentuk inisiatif dan perhatian Kades agar kegiatan keagamaan dapat lestari khususnya di Air Paoh. Ini langkah yang sangat baik. Dan bisa menjadi inspirasi bagi Kades dan Lurah di Kecamatan Baturaja Timur,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kades dan jajaran yang telah melaksanakan lomba ini, dan juga kepada peserta yang antusias mengikutinya.

“Melalui lomba ini mari kita bangun kebersamaan, kita pererat silaturahmi, guyup dan rukun,” demikian Camat. 

(https://harianrakyat.co.id/bukan-main-antusias-emak-emak-ikut-lomba-burdah-tingkat-desa-air-paoh/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.