Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

BPBD OKU Keluarkan Status Waspada Karhutla


Baturajaradio.com
- Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  OKU Gunalfi  menegaskan suhu udara maksimum siang hari saat ini lebih panas dibandingkan cuaca sebelumnya.

Dengan begitu, pihaknya telah menetapkan status waspada untuk menghadapi musim kemarau panjang tahun ini dari ancaman bencana kabut asap akibat karhutla.

Penetetapan  status waspada bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memasuki musim kemarau panjang tahun ini setelah memantau akan terjadinya dampak dari pembakaran lahan.

Pihaknya, bahkan menyebutkan telah, untuk mengantisipasi hal itu telah  mengaktifkan kembali posko di setiap kecamatan yang diisi oleh personel BPBD OKU dibantu masyarakat peduli api untuk siaga memantau titik panas yang berpotensi menimbulkan karhutla.

" Personel penanggulangan karhutla kami sebar di seluruh posko di 13 kecamatan di Kabupaten OKU," ungkapnya.

Sementara, BPBD OKU telah memasang rambu peringatan bencana karhutla di daerah-daerah rawan bencana, seperti Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Lubuk Batang.
 
"Dua kecamatan ini merupakan daerah paling rawan bencana karhutla di Kabupaten OKU saat musim kemarau," katanya.

Sesuai dengan keluarnya status tersebut maka pihak yang telah ditugaskan dalam pencegahan Karhutla tentunya  untuk giat mengedukasi masyarakat agar tidak membuka lahan dan hutan dengan cara dibakar karena berpotensi menimbulkan karhutla.

"Masyarakat pun kami imbau agar tidak terlalu panik terhadap ancaman karhutla, namun tetap waspada dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan sebagai upaya antisipasi sedini mungkin," tutupnya.(*)


( https://okes.disway.id/amp/640267/bpbd-oku-keluarkan-status-waspada-karhutla/16 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.