Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Empat Hal Penting Untuk Menjaga Kesehatan Hewan Ternak

 



Baturaja Radio.com - Bagi para peternak, memperhatikan Kesehatan hewan ternak adalah hal paling penting. Dengan ternak yang sehat, maka baik kambing, sapi dan lain sebagainya dapat berkembang biak dengan baik. Selain itu, harga jualnya pun otomatis akan naik. Nah, untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ternak Anda.

  1. Perhatikan pakan ternak yang digunakan. Saat ini banyak sekali jenis pakan yang digunakan untuk ternak seperti pakan kering dan pakan basah. Banyak peternak yang memilih menggunakan pakan kering karena lebih mudah didapatkan. Selain itu, tak sedikit pakan kering yang telah menggunakan komposisi yang baik untuk kesehatan ternak. Meski demikian, memberikan pakan ternak berupa tanaman hijau juga harus diperhatikan. Ternak tetap membutuhkan asupan alami dari tanaman hijau agar lebih sehat. Contoh tanaman hijau yang paling baik untuk ternak adalah tanaman indigofera.
  2. Jaga kebersihan kandang. Kebersihan kandang merupakan hal penting lain untuk menjaga Kesehatan hewan ternak. Dengan kandang bersih, maka ternak akan lebih terhindar dari serangan penyakit dari mikro organisme jahat. Untuk itu, pastikan kandang ternak dibersihkan setidaknya selama seminggu sekali dengan obat-obatan disinfektan.
  3. Berikan obat cacing untuk ternak. Selain pakan dan kandang, memberikan obat cacing secara rutin dapat membuat ternak jauh dari penyakit cacing yang kerap menyerang ternak seperti sapi, lembu, kambing, dan domba. Seperti yang kita tahu bahwa cacing menjadi ancaman yang cukup serius untuk ternak sehingga harus benar-benar dihilangkan. Ternak yang tak terinfeksi cacing juga akan semakin mahal saat dijual.
  4. Perhatikan ektoparasit. Ektoparasit adalah jenis parasit yang hidup dengan menempel pada tubuh ternak seperti serangga. Parasit jenis ini dapat menyebabkan ternak menjadi kurus. Biasanya saat ternak terjangkit ektoparatis, nafsu makannya juga akan hilang.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan untuk menjaga Kesehatan hewan ternak. Pastikan bahwa baik pakan dan obat-obatan yang digunakan memiliki kualitas terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal. Dengan melakukan hal di atas, maka peternak dapat memperkecil kemungkinan mengalami kerugian. Semoga bermanfaat.


https://dispernakan.bandungbaratkab.go.id/blog/empat-hal-penting-untuk-menjaga-kesehatan-hewan-ternak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.