Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tips Tetap Produktif Ketika Puasa di Bulan Ramadhan

 






Baturaja Radio.com - Berpuasa bukan menjadi alasan  untuk meninggalkan tanggung jawab pada pekerjaan karena badan lemas dan lapar. Di saat puasa seperti ini perlu menjaga stamina tubuh supaya tetap terjaga dan fit walaupun kurangnya asupan makanan dan minuman sepanjang hari.  Dengan energi yang didapat saat sahur,  tetap dapat produktif bekerja ketika puasa. Kuncinya adalah  harus lebih cermat dalam memanfaatkan  energi yang ada, dan mengatur ritme pekerjaan disesuaikan dengan kebiasaaan baru saat tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman sepanjang hari.

Berikut tips agar tetap produktif bekerja ketika puasa:

         1. Niat
Niat adalah nomor 1, karena ketika  sudah memiliki niat untuk bekerja dengan semangat dan produktifitas yang tinggi, maka puasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja, bahkan para pemain sepak bola dunia tetap produktif dan bermain ketika menjalankan puasa dengan hasil yang tetap memuaskan. Sudah kewajiban bagi yang beragama muslim menjalankan puasa, seperti menahan lapar, menahan nafsu, dan lainnya.
2. Porsi makan saat sahur yang cukup
Ingat ketika sahur dan berbuka puasa, itulah saatnya mengisi energi dalam tubuh. Namun, bukan berarti porsi makanan yang diambil harus berlebihan. Untuk sahur, makanlah secukupnya, karena makan berlebihan akan membuat badan lemas dan mengantuk. Pilih menu-menu yang seimbang, dalam artian yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Terutama makanan yang mengandung serat akan dapat membantu menahan rasa lapar. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah.
3. Atur jam tidur
Ketika tidur malam, yang terbiasa tidur larut malam lebih baik menghindarinya selama bulan puasa ini. Cobalah tidur lebih awal karena  akan bangun lebih awal dari bulan-bulan biasanya sehingga saat bekerja di siang hari tidak mengantuk dan lemas.
4. Isi jam istirahat dengan kegiatan positif
Di bulan puasa ini, manfaatkan jam istirahat makan siang dengan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan diri, misalnya berjalan-jalan di lingkungan kantor,  ngobrol  hal-hal positif dengan rekan sekantor , dan melihat video-video manfaat di youtube. Bisa juga mengisinya dengan tidur siang, selama 20-30 menit. Dengan begitu badan akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

5. Rutin beribadah
Poin penting dari bulan puasa adalah ibadah yang rutin dan tidak bolong. Jika sebelumnya sulit untuk beribadah secara rutin, ini adalah bulan yang tepat untuk  memperbaiki ritme beribadah. Terakhir, lakukan  kegiatan ibadah dengan ikhlas dan senang hati.

6. Menjaga kesehatan tubuh
Sebagai pemilik tubuh, harus mengerti kapasitas tubuh  sendiri. Hindari makanan yang tidak menyehatkan misalnya makanan gorengan dan minuman es yang berlebihan, hindari juga kegiatan yang tidak mendukung produktivitas dan bahkan menguras banyak stamina seperti olahraga berat. Jika badan sehat, maka pekerjaan apapun dapat dilalui dan dapat produktif secara maksimal.

Tips-Tetap-Produktif-Ketika-Puasa-di-Bulan-Ramadhan.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.