Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kabupaten OKU Jadi Kawasan Tertib Lalulintas

 



Baturaja Radio.com - Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) adalah suatu kawasan yang dibangun, dibina dan dibentuk serta diawasi untuk menjadi suatu kawasan yang mencerminkan dan mengimplementasikan bagaimana lalu lintas yang baik dan benar.

Kawasan ini sudah dibangun lengkap dengan fasilitas jalan yang layak untuk pengguna jalan, baik pengendara Roda 2, Roda 4, pejalan kaki, kendaraan prioritas dan pemberhentian. Hal ini berlaku bagi setiap daerah yang telah memiliki KTL tak terkecuali Kabupaten OKU.

Namun di OKU, fakta di lapangan menunjukkan KTL justru menjadi salah satu tempat terjadinya kemacetan. Untuk di ketahui di Kabupaten OKU kawasan yang termasuk dalam KTL adalah jalan A.Yani dimulai dari simpang 3 Rumah Sakit Umum hingga ke pertigaan Suska kelurahan kemalaraja.

Hal ini seperti di ungkapkan Kapolres OKU AKBP Arif Harsono melalui Kasat Lantas Polres OKU AKP Dwi Karti Astuti didampingi Kanit Kamsel Satlantas polres OKU IPDA Edi Marosa belum lama ini. Menurut Edi Marosa, terbentuknya jalur KTL di OKU sesuai dengan SK bupati nomor 02 tahun 2016.

“Namun seperti yang kita ketahui bersama bahwa di sepanjang jalan A.Yani ini banyak terdapat sekolah serta perkantoran. Nah di saat aktifitas padat seperti jam pulang sekolah sering terjadi kemacetan lantaran kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan,” ujar Edi Marosa di bincangi portal ini Rabu (1/3/2023).

Selain itu, kata Edi Marosa banyaknya perbankan yang berkantor di sepanjang jalan A.Ynai juga menjadi penyebab terjadinya kemacetan. Sementara pelataran parkir yang disediakan pengelola bank juga dinilai tak cukup besar untuk menampung kendaraan parkir sehingga memaksa kendaraan parkir di bahu jalan.

“Kita sudah berkali – kali menghimbau kepada pemilik toko – toko maupun bank untuk menyediakan kantong parkir sehingga kendaraan nasabah maupun konsumen toko tak parkir sembarangan. Ini sudah kita lakukan,” kata IPDA Edi Marosa.

Selian itu, masih kata pria berbadan besar ini, pihaknya telah berkoordinasi kepada dinas perhubungan dan memasang rambu lalu lintas di seputaran area KTL namun tetap saja masih banyak kendaraan yang parkir sembarang lantaran tak kebagian tempat parkir.

“Kita juga sudah sediakan pos lantas, ada personel piket KTL gabungan dan kita telah bekerjasama dengan dinas perhubungan untuk memasang rambu. Ke depan jika masih terus membandel kita akan lakukan upaya penertiban agar tidak terjadi kemacetan lagi,”kata Edi kemudian.

Dikonfirmasi terkait izin Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin) bagi toko dan perbankan yang ada di sepanjang jalur KTL Edi mengatakan dari beberapa bank yang ada di wilayah tersebut belum ada yang memiliki Andalalin yang di keluarkan satlantas polres OKU.

harianrakyat.co.id/kabupaten-oku-jadi-kawasan-tertib-lalulintas

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.