Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Bunga Kangkung Jadi Motif Batik Khas OKU


Baturajaradio.com
- Masyarakat Kabupaten OKU patut berbangga. Sebab kabupaten Berjuluk Sebimbing Sekundang kini memiliki kain khas layaknya kabupaten/kota di Indonesia. Yaitu “Batik Bunga Kangkung”.

Batik Bunga Kangkung ini,sudah dikombinasikan dengan tenun songket atas kerjasama dengan desainer intan songket.

Tak hanya itu, Batik Bunga Kangkung sudah resmi dilauncing Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bersamaan dengan Rakor PKK dan Rakerda Dekranasda 2023, pada 9 Maret 2023 di HotelAryaduta Palembang.

Yang lebih membanggakan lagi, batik bunga kangkung khas OKU sudah didaftarkan untuk kali pertamanya di Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI.

Songket batik Bunga Kangkung Khas OKU--ist

Ketua TP PKK OKU Hj Zwesti Karenia Teddy menjelaskan, berdasarkan filosofi masyarakat OKU yangsama seperti Bunga Kangkung tidak mudah untuk di pecah belah. Selain itu, masih katanya Reni, Bunga Kangkung itu mudah tumbuh dimana saja.

Begitu pula dengan gambaran masyarakat OKU yang bersatu dan dan gambang beradaptasi dimanapun berada.

”Filosofi Bunga Kangkung sebenarnya itu sudah ada di Peraturan Daerah(Perda,red) OKU,”ucapnya.

Untuk itu. Kedepan, Batik bunga kangkung khas OKU akan terus dikembangkan dengan berbagaimacam, ciri-ciri dan motif 2 khas Kabupaten OKU.

Kemudian, untuk mengenalkan keberadaan batik Bunga Kangkung khas OKU, akan mengikuti berbagaimacam event yang bisa mengangkat kain batik bunga kangkung untuk lebih dikenal lagi di luar PulauSumatera bahkan hingga internasional.

“Untuk di OKU Batik Bunga Kangkung akan kita tempatkan di gedung Dekranasda OKU sekaligussebagai galeri di samping hotel Baturaja yang tak lama lagi akan kita launching keberadaannya,”ujarnya.

Keberadaan galeri Dekranasda OKU, lanjut istri Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, juga nantinya akan menampung seluruh kerajinan dari 13 kecamatan di OKU.

Dengan begitu, kalau ada masyarakat yang mau lihat-lihat atau membeli oleh-oleh kerajinan khas OKUada di gedung Dekranasda OKU.

“Tujuan kita mendirikan galeri Dekranasda OKU untuk membantu para pengrajin yang ada di 13kecamatan dan desa/kelurahan untuk memasarkan produk-produk kerajinan mereka jadi mereka tidakakan kesulitan lagi dalam pemasarannya,”sebutnya.

Terkait Batik Bunga Kangkung khas OKU, besar harapannya akan dipakai sebagai seragam ASN pada perkantoran di OKU, pejalar, mahasiswa dan masyarakat OKU./

“Hal itu tak lain biar kita masyarakat OKU cinta dengan kain khas kab oku sendiri dan bisa menjadi satu kebanggaan untuk seluruh masyarakat Kab OKU,”tandasnya.

(https://okes.disway.id/read/639941/bunga-kangkung-jadi-motif-batik-khas-oku/15)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.