Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Waspada ! Sepuluh Kecamatan Rawan Banjir di OKU


Baturajaradio.com
- Mendung yang menyelimuti langit Kota Baturaja sejak beberapa hari belakangan, diperkirakan akan terjadi hingga akhir Februari 2023, atau pertengahan Maret 2023.

Hal ini dipicu adanya kombinasi MJO, gelombang kelvin dan gelombamg rosby equator pada periode yang sama di samudera hindia.

Hal ini menyebabkan terjadinya pembentukan pola sirkulasi siklonik  yang dapat memicu terjadinya pertumbuhan awan penghujan dan angin kencang serta awan CB di wilayah Kabupaten OKU dan sekitarnya.

“Ini faktor cuaca mendung dan hujan hari ini, “ ujar Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa melalui Manager Pusdalops Gunalfi, kemarin (26/2).

Pada masa yang kerap disebut pancaroba ini, masyarakat diminta waspada, karena banyak sebab bermunculan bibit siklon dan faktor lainnya. Hal ini dapat memicu terjadinya cuaca ekstrim.

“Kami himbau kepada masyarakat Kabupaten OKU terutama yang berdomisili diwilayah yang rawan terjadi bencana, untuk selalu tetap waspada dan siapsiaga serta selalu mendengarkan informasi baik peringatan dini cuaca, dan imbauan dari instansi terkait potensi bencana Kabupaten OKU, “ pesannya.

Beberapa kecamatan di Kabupaten OKU yang dinilai rawan banjir diantaranya :  Kecamatan Baturaja Timur,  Kecamatan Baturaja Barat,  Kecamatan Ulu Ogan, Kecamatan Muara Jaya, Kecamatan Semidang Aji, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kecamatan Lubuk Batang, Kecamatan Peninjauan,  Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, danwilayah Pemukiman penduduk yang dekat dengan  DAS ogan.

“Lengkiti pernah banjir tapi tidak parah, di sana rawan pohon tumbang. Untuk Pengandonan kategori aman, “ tandasnya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.