Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Resep Gulai nangka




Baturajaradio.com
- Masakan Padang memang menjadi favorit banyak orang. Bumbu rempah dan gurihnya yang merasuk di setiap bagian bikin ketagihan makannya. Biasanya, makanan Padang identik dengan lauknya seperti rendang, gulai, atau telur dadar.

Namun, ada satu sayur yang identik dan sudah jadi cirikhas makanan Padang. Tanpa sayur ini, makan Padang jadi kurang komplet. Apalagi kalau bukan gulai nangka. Sayur ini memiliki rasa gurih dan bumbu yang nendang, sehingga bikin seleran makan meningkat.

Bahan :
- 2 keping nangka muda, rebus beri sedikit garam, tiriskan airnya, sisihkan
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 lembar daun kunyit
- 1 serai geprek
- 1 sdt ebi kering rendam air panas
- 65 ml santan instan
- 1200 ml air
- Secukupnya gula, garam, merica, kaldu bubuk

Bumbu halus :
- 9 bawang merah
- 4 bawang putih
- Seruas kunyit
- Seruas lengkuas
- 3 cabai merah besar
- 5 cabai keriting
- 2 kemiri
- 1/2 sdt ketumbar
- 1/2 sdt jinten
- 1/4 pala

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus, ebi, daun jeruk, salam, serai, dan daun kunyit hingga harum.
2. Masukkan santan dan air. Setelah mendidih masukkan nangka yang sudah direbus, beri gula, garam, kaldu bubuk, merica.
3. Masak hingga nangka lembut dan meresap, sisakan kuah sesuai selera. Tes rasa sajikan.


-- Ketika sudah matang, buah nangka memiliki rasa yang sangat manis dan lezat. Pada saat masih muda, buah nangka juga biasa dikonsumsi sebagai sayur nangka muda atau sayur tewel yang lezat dan cukup disukai masyarakat Indonesia.

Selain memiliki rasa yang sangat lezat, nangka muda ini juga memiliki sejumlah manfaat yang tidak bisa dikesampingkan. Dilansir dari The Health Sites, berikut sejumlah manfaat sehat yang bisa diperoleh dari konsumsi buah nangka muda :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Nangka muda memiliki kalori yang jauh lebih rendah dibanding nasi tetapi bisa membuat perut jauh lebih kenyang. Hal ini bisa diperoleh karena kandungan serat dan air yang sangat tinggi di dalamnya. Hal ini bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan terutama ketika mengonsumsinya dalam jumlah besar.

2. Membantu Mengatasi Diabetes
Berbeda dari nangka yang sudah matang, nangka muda sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Diketahui bahwa nangka muda memiliki andungan glikemik lebih rendah dibanding nasi dan gandum. Oleh karena itu, nangka muda bisa menjadi pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol
Jumlah kandungan dari serat larut di dalam buah nangka paling tinggi pada saat masih berupa nangka muda. Lemak larut dari buah memiliki manfaat paling baik untuk menghilangkan kolesterol dari dalam tubuh. Oleh karena itu, makanan ini bisa sangat baik dan sehat untuk dikonsumsi.

4. Mencegah Kanker Usus
Kandungan serat yang sangat tinggi di dalam nangka muda menjadikannya sebagai sumber karbohidrat tepat dikonsumsi. Kandungan ini bisa membantu memperlancar pencernaan dan membersihkan organ dalam untuk mencegah kanker usus.

5. Memperpanjang Umur
Buah nangka memiliki kadar asam yang rendah dan karbohidrat yang tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh National Health Service, Inggris, menunjukkan bahwa rendahnya konsumsi sayur dan buah bisa berpengaruh terhadap usia seseorang dan memperpendeknya.

Pada saat mengonsumsi nangka sebagai makanan utama, jumlah yang kita konsumsi lebih dari kebutuhan buah dan sayur dalam seminggu. Hal ini bisa sangat membantu dalam memperpanjang usia seseorang ketika rajin mengonsumsinya.


( https://www.briliofood.net/resep/11-resep-gulai-nangka-khas-padang-bumbunya-gurih-merasuk-210810n.html )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.