Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

KPU OKU Sumsel Prediksi Jumlah TPS Capai 1.243


Baturajaradio.com
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan memperkirakan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di daerah itu sebanyak 1.243 unit.
 
"Jumlah TPS di OKU pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diperkirakan ada sebanyak 1.243," kata Ketua KPU OKU Naning Wijaya di Baturaja, Kamis, 16 Februari 2023.
 
Dia menjelaskan angka tersebut masih sama seperti jumlah TPS saat Pemilu 2019 yang tersebar di 13 kecamatan di wilayah itu.

"Namun, jumlah TPS ini belum final. Kemungkinan berkurang ataupun bertambah masih bisa terjadi," katanya.
 
Menurut dia, untuk angka pastinya baru dapat diketahui setelah pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) berakhir pada Maret 2023.
 
Meskipun belum final namun pihaknya telah memetakan sebanyak 20 TPS yang masuk kategori rawan karena letak geografis sulit dijangkau atau lokasi berada jauh dari pusat pemukiman warga desa.
 
Ke 20 TPS yang dipetakan rawan tersebut terletak di daerah terpencil yang ada di empat kecamatan meliputi Lengkiti, Sosoh Buay Rayab, Muara Jaya dan Kecamatan Ulu Ogan.
 
"Jadi rawan yang dimaksud dalam hal ini bukan dari segi kecurangan atau tindakan kriminal, melainkan berada jauh dari jangkauan masyarakat," ucap dia.
 
Naning menambahkan dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 setiap TPS di wilayahnya maksimal tidak lebih dari 300 orang pemilih.
 
Hal tersebut dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku agar pelaksanaan pemilihan umum di Kabupaten OKU berjalan efektif dan efisien.
 
"Khusus untuk daerah rawan dalam hal letak geografis mungkin saja ditetapkan satu TPS meskipun jumlah pemilihnya di bawah 300 pemilih untuk satu TPS," jelasnya.

( https://www.medcom.id/nasional/daerah/ZkeM4yvk-kpu-oku-sumsel-prediksi-jumlah-tps-capai-1-243 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.