Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kesulitan Coklit, Pemilih Pemula Tak Berada di Tempat, KPU OKUS Tempatkan Petugas Hafal Medan Jalan


Baturajaradio.com --
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten OKU Selatan telah merekrut petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) berjumlah 1.376 orang untuk pemutakhiran data pemilih di Pemilu 2024 mendatang.

Dikatakan Kasubag Data KPU OKU Selatan Mahmuba, jika petugas Pantarlih yang memiliki  masa kerja selama 1 bulan dari Februari-Maret ini melakukan tahapan Coklit (pencocokan dan penelitian) melakukan pendataan ke rumah-rumah warga.


"Iya mereka petugas pantarlih memiliki waktu sebulan dalam pencoklitan ke rumah-rumah warga," ungkap Mahmuba dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (1/2/2023).


Dalam waktu dekat ini, petugas pantarlih yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) ini sebelum bertugas pemutakhiran data bakal melakukan apel persiapan serentak di tanggal 11 Februari dan barulah setelahnya mulai bekerja di tanggal 12 Februari.


Disinggung kendala dilapangan yang kerap menghambat dalam pencoklitan jika dilihat dari Pemilu sebelumnya memang hampir tak memiliki kendala. 


Hanya saja, selain kerap ditemui kendala umum seperti pemilih pemula, warga tak berada di tempat, letak geografis masih menjadi kendala dalam petugas pelaksanaan Pemilu di OKU Selatan


"Tapi terkadang kendala biasa seperti warga yang ditemui sedang pergi ke kebun, belum terdaftarnya anggota keluarga karena baru masuk usia 17 tahun belum memiliki KTP dan letak geografis perbukitan," ungkapnya.


Kendati demikian dalam mengatasi masalah yang ada, seperti pemula KPU bekerjasama dengan Disdukcapil.


Serta menyiasati warga tidak dirumah datang saat sore hari serta menempatkan petugas sesuai yang sudah hafal dengan medan jalan.



Sumber Artikel ::https://palembang.tribunnews.com/2023/02/01/kesulitan-coklit-pemilih-pemula-tak-berada-di-tempat-kpu-okus-tempatkan-petugas-hafal-medan-jalan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.