Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Mengatasi Speaker HP Yang Kemasukan Air

 




Baturaja Radio.com - Cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air, kamu tidak perlu khawatir lagi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Salah satu komponen dalam ponsel yang sering mengalami kerusakaan saat ini adalah speaker. Pada umumnya, masalah ini disebabkan oleh speaker yang terendam oleh air, sehingga dapat merusak komponen di dalamnya. Oleh sebab itu, hal ini juga tidak bisa kamu hindari ketika terjebak dalam hujan lebat di tengah jalan saat berkendara dan tanpa persiapan apapun. Sementara ponsel kamu ada di saku.


Mungkin beberapa orang berhasil ketika mengeluarkan air yang meredam speaker. Tetapi, tidak semua air akan bisa keluar dari ponsel. Titik-titik air bisa jadi terperangkap di dalam kisi speaker dan tidak bisa keluar kecuali dikeluarkan secara paksa.

Speaker yang tersumbat air pun biasanya menghasilkan suara yang rusak. Jika air tidak dikeluarkan segera mungkin masalah serius bisa terjadi pada perangkat keras kamu. Untuk mengeluarkan titik air tersebut, Selular.ID sudah rangkum buat kamu cara mengatasi seaker HP yang kemasukan air.

1. Segera lakukan pertolongan pertama

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika HP kamu kemasukan air yakni mematikan perangkat. Keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai (jika bisa dilepas) agar permasalahan yang serius tidak merambat ke komponen penting. Bersihkan bagian ponsel yang basah menggunakan kain kering dan bersih. Disarankan kamu menggunakan microfiber untuk meminimalisir goresan pada perangkat. Miringkan ponsel yang memungkinkan speaker menghadap ke bawah dan goyangkan perlahan untuk menghilangkan tetesan air. Selanjutnya, hindari mengisi daya ponsel atau menghubungkan ponsel ke listrik apapun sebelum semua air benar-benar keluar dari ponsel kamu.



2. Gunakan aplikasi pihak ketiga 

Beberapa perangkat juga memiliki fitur untuk mengeluarkan air yang sudah terpasang pada perangkat masing-masing. Ketika diaktifkan, fitur ini bisa memainkan suara dalam frekuensi tertentu yang bisa memicu air dalam perangkat keluar. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduhnya pada aplikasi Play Store bagi pengguna Android.

Buka Play Store pada perangkat kamu. Ketikkan “Pembersih Speaker” pada kolom pencarian. Klik salah satu aplikasi yang ingin kamu instal. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi dengan mempertimbangkan berdasarkan penilaian dan ulasan pengguna. Klik “install” dan tunggu beberapa menit hingga aplikasi selesai diinstal. Buka aplikasi dan izinkan semua permintaan yang diminta. Pilih opsi “Clean Speaker” dan ikuti petunjuk selanjutnya. Setiap aplikasi pembersih speaker akan meminta kamu untuk menaikkan volume hingga maksimal untuk memicu air yang terperangkap agar bisa keluar.

Pastikan juga bahwa ponsel kamu tidak terhubung ke headphone atau speaker Bluetooth apapun. Ketika kamu memutar dalam jangka waktu tertentu, air akan menetes secara perlahan dan mulai keluar dari kisi speaker. Kamu bisa mengulangi proses ini beberapa kali sambil memantau apakah kualitas suara sudah kembali normal atau belum.

3. Simpan ponsel dalam beras 

Mungkin beberapa orang mengatakan bahwa menyimpan ponsel dalam beras bisa mengatasi masalah speaker rusak akibat terendam air. Mengingat beras dapat menyerap kelembaban, dan belum bisa dipastikan apakah ini akan memakan proses cepat atau lambat. Namun, kamu tidak ada salahnya jika kamu mencoba metode ini untuk mengeluarkan air dari speaker. 

Ambil beras dan simpan dalam wadah yang bisa menimbun ponsel. 

Timbun ponsel pada beras yang sudah disiapkan. 

Biarkan selama beberapa jam agar beras menyerap air yang terperangkap dalam ponsel.

4. Gunakan gel silika 

Selain beras kamu juga bisa menggunakan gel silika untuk menyerap kelembaban. Berikut langkah-langkahnya. Simpan ponsel yang basah dalam kantong zip dengan beberapa gel silika di dalamnya. Kunci zip dan biarkan semalaman. Hidupkan perangkat pada keesokan harinya. Untuk mengecek air sudah keluar dari HP, kamu bisa memutar beberapa lagu dan mendengan kualitas suaranya.


5. Kunjungi pusat layanan 

Jika kualitas speaker kamu masih terendam, kamu perlu membawanya ke layanan merek ponsel terdekat. Sambil menunggu hari mengunjungi pusat layanan, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk ponsel kamu. Hadapkan speaker ke bawah dan biarkan selama satu hari sampai ponsel mencapai suhu ruangan. Hindari menggunakan pengering rambut atau menjemur di bawah sinar matahari. Untuk kamu pengguna iPhone bisa jadi memiliki cara berbeda dalam mengatasi speaker HP yang kemasukan air. Semoga membantu.


selular.id/2023/01/cara-mengatasi-speaker-hp-yang-kemasukan-air







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.