6 Cara Bahagia Meski Bekerja di Luar Passion

 




Baturaja Radio.com - Kebahagiaan datang sebab diri kita sendiri. Rasa bahagia tergantung dari bagaimana kita bersikap. Tentu kita juga perlu merasa bahagia terhadap pekerjaan kita. Tidak sedikit orang justru terbebani dan tertekan atas pekerjaannya sendiri. Jika memang merasakan ada hal yang salah di pekerjaan yang kita geluti, berarti ada hal yang harus diubah. Semua ada alasannya. Maka, hal berikut akan jadi cara agar bisa menemukan kebahagiaan dan lebih menikmati pekerjaannya.

1. Kerjakan sesuatu yang sesuai kemampuan kita

Melakukan sesuatu yang sesuai dengan kemampuan kita akan membuat kita lebih menikmatinya. Dengan begitu, kita akan lebih bahagia dalam bekerja. Hasil yang didapat juga akan memuaskan akibat dari stres yang kita terima tidak berlebih.

Cari terlebih dahulu apa yang memang sesuai dengan kemampuan kita. Ada banyak cara kita bisa menerapkan kemampuan kita pada dunia kerja. Seringnya pekerjaan yang kita geluti tidak jauh dari kemampuan kita, untuk itu kita bisa lebih mengaplikasikannya.

2. Miliki keberanian untuk bertanya atau berpendapat

Seringnya ketidaknyamanan muncul atas perspektif kita sendiri. Biasakan untuk lebih berani bertanya dan berpendapat. Sebab keduanya akan membantu kita menemukan hal yang membuat kita tidak bahagia tersebut.

Jika kita melakukan hal tersebut, tentu itu akan membantu kita lebih bahagia dalam bekerja. Entah menemukan masalah yang kita hadapi, atau menemukan alasan yang mungkin dirasa mengganjal. Luapkan semua perasaan yang kita alami agar kita lebih leluasa dan merasa bahagia ketika bekerja.

3. Bangun pertemanan

Manusia adalah makhluk sosial. Maka, sudah tidak heran lagi pertemanan menjadi salah satu pilar kebahagiaan. Hal tersebut juga berlaku di dunia kerja. Dalam menjalankan aktivitas kerja juga diperlukan hubungan yang baik.

Agar lebih bahagia dalam menjalankan pekerjaan kita, perlu bagi kita untuk memiliki seseorang yang sudah dekat. Sebaliknya, mudah bagi kita untuk membenci suatu pekerjaan jika kita tidak menjalin pertemanan. Padahal hal tersebut justru akan memperparah keadaan dan kita tidak akan bisa menemukan kebahagiaan.

4. Bantu rekan kerja

Banyak cara agar kita bisa bahagia. Di suatu hubungan, tidak bisa dipungkiri kedua belah pihak saling membutuhkan. Untuk itu, di lingkungan kerja penting untuk kita membantu rekan kerja kita.

Dengan membantu mereka, tentu akan mempercepat proses pengerjaannya. Kita juga akan dipandang baik oleh atasan kita. Selain itu tentu saja alasan utamanya yakni kita akan merasa bahagia ketika membantunya. Di saat rekan kerja kita merasa senang dan berterima kasih kita akan merasakan kebahagiaan tersendiri.

5. Apresiasi orang lain

Tujuan utama dalam mengapresiasi orang lain adalah menciptakan lingkungan yang baik. Penting bagi kita untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Agar terciptanya hal tersebut, tentu itu harus dimulai dari diri kita sendiri.

Agar prosesnya lebih cepat, salurkan hal positif pada orang lain. Salah satunya adalah dengan mengapresiasi mereka. Jika mereka merasa di hargai, maka hal tersebut akan tersalurkan pada orang lain. Bahkan diri kita sendiri pun akan merasa demikian. Kita akan dapat timbal balik dari mereka dan situasi tersebut akan berkelanjutan menjadi kondisi yang lebih baik.

6. Istirahat

Yang sering orang sadari, istirahat adalah tentang hal fisik. Ketika mereka pulang, bahkan saat mereka mengambil cuti, hal yang dilakukan adalah tentang fisik. Memang fisik adalah modal kita untuk bekerja, namun, kondisi mental juga menjadi perkara yang penting.

Manfaatkan waktu jeda untuk mengistirahatkan fisik maupun mental. Keduanya bisa dilakukan dengan lebih giat olahraga dan juga dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri maupun keluarga. Manfaatkan dengan cara aktif berkegiatan agar keduanya bisa bersinergi.

Passion terkadang menjadi alasan kita untuk menyepelekan pekerjaan yang kita tekuni. Padahal pekerjaan apa pun itu, tergantung pada pikiran kita apakah kita memang ikhlas dan niat untuk menjalankannya.

https://www.idntimes.com/life/career/rasya-alfarizi/bahagia-meski-bekerja-di-luar-passion


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.