Update Harga Karet Hari Ini Rabu 4 Januari 2023 di Musi Rawas, Rp 5.000 Per Kilo Petani Menjerit.



Baturajaradio.com - Berikut update harga karet di Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), hari ini Rabu (4/1/2022). 

Harga karet di tingkat petani hari ini di Kabupaten Musi Rawas masih bertahan di harga Rp5.000 per kilogramnya di tingkat petani. Sedangkan, untuk di tingkat gedung masih R6.000 per kilogramnya.

Harga tersebut tentu membuat para petani semakin menjerit, mengingat harga karet saat ini tidak sebanding dengan kebutuhan pokok, yang terus merangkak naik. 

Bahkan, dengan harga karet saat ini, masyarakat khususnya para petani karet di Kabupaten Musi Rawas tak lagi bisa menabung. 

Sebab penghasilan dari karet, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, terkadang masih kurang. Sehingga membuat petani harus memiliki pekerjaan tambahan. 

Disampaikan, Darto salah seorang petani karet di Desa Sumber Asri Kecamatan Sumber Harta mengatakan, harga karet hari ini masih diharga Rp5.000 per kilogramnya. 

"Sekarang hanya Rp5.000 per kilogramnya di tingkat petani," kata Tono saat dibincangi Sripoku.com, Rabu (4/1/2022). 

Menurutnya, dengan harga karet tersebut, membuat petani harus memiliki pekerjaan tambahan. Mengingat, harga karet tak stabil dan mencukupi memenuhi kebutuhan. 

"Jauh dari kata cukup, jadi harus punya pekerjaan tambahan. Kalau saya, terkadang ikut kerja harian," ungkapnya.

Sementara itu, Suradi salah seorang pengepul karet di Desa Sumber Asri Kecamatan Sumber Harta mengaku, harga karet di tingkat petani hari ini hanya Rp5.000 per kilogramnya di tingkat petani. 

"Kalau di tingkat petani saya biasa beli hanya Rp5.000 per kilogramnya," kata Surya saat diwawancarai Sripoku.com. 

Sedangkan untuk di tingkat gudang sambung Surya, hanya sekitar Rp6.000 per kilogramnya. Dengan harga karet yang tidak stabil, dia mengaku sangat sulit mendapatkan getah karet. 

"Sepi sekarang, banyak petani yang tidak lagi nyadap karet. Kebanyakan meraka lebih memilih jadi buruh harian, yang jelas hasilnya," tutupnya. (Eko Mustiawan/CR41)

(https://palembang.tribunnews.com/2023/01/04/update-harga-karet-hari-ini-rabu-4-januari-2023-di-musi-rawas-rp-5000-per-kilo-petani-menjerit.)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.