Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

TNI Bongkar Penyelundupan Rohingya, 1 Pengungsi Dihargai Rp 1 Juta


Baturajaradio.com
, Banda Aceh - TNI menangkap MN yang berperan sebagai penyelundup pengungsi Rohingya dari Aceh ke Malaysia. MN diketahui mematok tarif satu pengungsi Rohingya senilai Rp 1 juta.

Dilansir detikSumut, Jumat (27/1/2027), M
N bersama istrinya, HD berangkat menuju Aceh Tamiang dari Kota Medan. Begitu tiba, MN dihubungi oleh D yang diduga agen Rohingya di Tanjungbalai.


"Dia dihubungi D guna menjemput pengungsi Rohingya yang telah kabur dari Kota Lhokseumawe dengan imbalan sebesar Rp 1 juta per orang dan diberikan biaya kendaraan Rp 7 juta," ujar Asintel Kasdam Iskandar Muda Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe kepada wartawan, Jumat (27/1/2023).

Pada 4 Januari, MN menjemput tiga pengungsi Rohingya dan membawa ke rumahnya. MN lalu menghubungi E agar dicarikan kendaraan untuk membawa ketiganya ke Tanjungbalai.

"Mereka rencananya akan dibawa ke rumah sewa D di Tanjungbalai. Dua orang rencana akan dibawa ke Malaysia. Di rumah D saat itu banyak imigran Rohingya yang ditampung di sana," jelas Aulia.

3 hari berselang, MN kembali ke Aceh Tamiang bersama 2 orang berinisial S alias N serta sopir berinisial J. Pada 13 Januari, S menghubungi MN untuk menjemput 7 pengungsi Rohingya yang kabur dari gedung bekas kantor imigrasi di Lhokseumawe. Ketujuh 'manusia perahu' itu sempat diinapkan di rumah MN selama 4 hari sebelum akhirnya dibawa ke Dumai

Sumber artikel:: https://news.detik.com/berita/d-6538546/tni-bongkar-penyelundupan-rohingya-1-pengungsi-dihargai-rp-1-juta.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.