Pokmaswas Tebar 8000 Ekor Ikan di Sungai Ogan



Baturajaradio.com
- Pengurus Belanting River Tubing dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Muare Ogan menebar benih bibit ikan di Sungai Ogan di Kecamatan Ulu Ogan Jumat (6/1). Penyebaran benih ikan ini untuk meningkatkan stok atau populasi ikan. 

Bantuan benih ikan ini, dikatakan Koordinator Belanting River Tubing  Kelumpang, Darul Kutni SPd berasal dari  keluarg H. Dantak (alm) dan Hj. Siti Sulaiti (almh).

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit benih ikan 8000 ekor sumbangan dari keluarga H. Dantak (alm) dan Hj. Siti Sulaiti (almh) di sungai ogan, “ ucapnya. 

Hal ini , kata dia, sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan termasuk kebersihan sungai agar ekosistem sungai tetap terjaga. 

“Semoga berkah dan menjadi inspirasi warga Ulu Ogan untuk berbuat melestarikan habitat khususnya ikan di sungai ogan. Sesuai dengan kepanjangan belanting yaitu Bersama Jaga Alam, Hutan dan Lingkungan. Mari kita lestarikan alam,” ajak Darul.

Darul juga mengajak masyarakat untuk ikut peduli dalam menjaga kualitas air sungai dan parit, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai dan parit. Jika kualitas air sungai baik maka ekosistem sungai juga akan sehat. 

“Saya berharap bantuan benih ikan yang ditebar di Sungai Ogan ini, nantinya akan meningkatkan stok atau populasi ikan di perairan umum daratan, sebagai upaya melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan. Serta dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan perairan Sungai Ogan,” ungkapnya

Darul juga berpesan agar masyarakat sekitar dapat membantu menjaga kelestarian sumber daya perikanan. 

“Pesan kami untuk masyarakat agar jangan menggunakan setrum atau racun, dalam menangkap ikan. Masyarakat juga harus bijak dalam menangkap ikan, yaitu dengan menggunakan alat-alat yang ramah lingkungan saat menangkap ikan, agar kelestarian alam dan sumber daya perikanan tetap terjaga,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir pemerintah Desa Kelumpang dan tokoh masyarakat Desa Kelumpang. Selain di sungai Ogan, benih juga disebar di area posko belanting. Darul berharap kedepannya menjadi inspirasi bagi perantau Ulu Ogan dan masyarakat yang punya rezeki lebih untuk peduli dengan kelestarian ikan sungai ogan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.