Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pertamina Uji Coba Beli LPG 3 Kg Pakai KTP di 20 Agen di Batam


Baturajaradio.Com - Pembelian LPG 3 kilogram (kg) menggunakan KTP mulai diujicoba. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mengatakan saat ini telah mengujicoba program penyaluran itu di 20 pangkalan resmi gas LPG 3 kg di Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam Kepulauan Riau.

Pembelian LPG 3 kg dengan KTP akan dicatat secara digital melalui sistem yang sudah ditetapkan oleh Pertamina. Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria menerangkan pendataan secara digital akan lebih memudahkan dan mempercepat dalam menyelaraskan data yang dimiliki pemerintah pusat terkait data masyarakat miskin.

"Dengan adanya uji coba ini, dengan adanya pencatatan NIK secara digital kita jadi tahu konsumen mana yang benar-benar warga miskin dan tidak. Jadi data ini bisa diselaraskan dengan yang ada di pemerintah pusat. Nanti akan lebih mudah mengambil kebijakan selanjutnya," kata Satria, dikutip dari Antara, Senin (16/1/2023).


Meski dicatat secara digital, prosedur di lapangan pencatatan KTP pembeli masih manual. Caranya, pembeli masih perlu menunjukkan KTP saat membeli elipiji 3 kg.

"Sejatinya beli gas LPG 3 kg ke pangkalan itu juga menunjukkan KTP, tapi input NIK-nya masih manual di logbook. Sekarang sudah digital dan lebih mudah untuk dikembangkan," ujar Satria.

Ke depan, Satria masih akan terus melakukan pemantauan secara berkala dan bertahap dengan melihat pelaksanaan di pangkalan resmi yang ada di Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam

"Target uji coba, yang pasti Kecamatan Batu Ampar ada 50 pangkalan dan sekarang masih bertahap, kita masih tunggu selanjutnya. Yang jelas dengan uji coba ini akan mengetahui data pembeli. Sekarang yang berjalan sekitar 20-an pangkalan, nanti nambah lagi," kata dia.

Sementara menurut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengklaim untuk daerah Batam sudah sejak lama menerapkan pembelian gas LPG 3 kg menggunakan KTP. Jadi menurutnya kali ini bukan yang pertama menerapkan program tersebut.

"Semua di Batam yang beli LPG 3 kg sudah menggunakan KTP dari dulu sampai sekarang. Jadi itu sudah kami lakukan agar pendataannya lebih mudah. Pokoknya kalau beli gas LPG 3 kg pakai KTP," kata Gustian.

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) saat ini masih menguji coba pembelian LPG 3 kilogram (kg) di lima kecamatan melalui sub penyalur atau pangkalan resmi dengan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP).

(https://finance.detik.com/energi/d-6518384/pertamina-uji-coba-beli-lpg-3-kg-pakai-ktp-di-20-agen-di-batam).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.