Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tinjau Kolam Budidaya Ikan Gabus di Martajaya OKU, Danrem 044/Gapo Minta Fokus Garap Demplot Utama


Baturajaradio.com - Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika tinjau demplot kolam utama budi daya ikan gabus di Desa Martajaya Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU, Sumsel, Senin (14/11/2022).

Danrem menyambut baik prorgam Pemkab OKU melalui Dinas Perikanan dan Peternakan bersinergi degan TNI Kodim 0403/OKU mewujudkan Desa Martajaya menjadi Kampung Bidudaya Ikan Gabus.

Danrem mengatakan, untuk pembuatan embung disarankan agar didasar kolam terlebih dulu dilapisi terpal, guna menahan air agar tidak meresap kedalam tanah.


Dikatakan, kolam ikan gabus yang jadi percontohan itu agar benar-benar berhasil sesuai harapan, supaya bisa dicontoh oleh masyarakat luas.

"Fokuskan dulu menggarap kolam demplot utama ini, karena masyarakat mau melihat contoh yang berhasil dulu barulah bisa ditularkan kepada masyarakat," kata Danrem.

Dandim OKU OKU Letkol Inf Ferizal R SIP mengatakan, TNI dari Kodim OKU ikut mendorong percepatan pembuatan kolam dmeplot.

Kolam demplot yang akan dibuat sebanyak 30 unit kolam dari target keseluruhan 520 kolam untuk 7 dusun yang ada di Desa Martajaya.

Masing-masing dusun akan menggarap sebanyak 70 kolam dan 30 kolamnya untuk demplot.

Ini merupakan percontohan yang nantinya juga akan diikuti oleh masyarakat lainnya.

Pembuatan kolam demplot ini dilakukan bersama kelompok pembudidaya ikan Desa Martajaya.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU, Hj Tri Aprianingsih menjelaskan, bantuan dan perhatian Pemkab OKU dan berbagai pihak kini dicurahkan mendorong percepatan kemajuan Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan) Karya Mandiri Jaya.

Dari Ditjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa dua unit mesin cetak pelet apung untuk pakan ikan Kapasitas satu kwintal per jam dan mesin penghalus bahan pembuatan pelet pakan ikan.

Kemudian bantuan satu ton bahan baku pakan ikan berupa tepung ikan dan bongkel kedelai yang menjadi satu paket dengan mesin pembuat pelet pakan ikan.

"Intinya kami akan mendorong semaksimal mungkin untuk mewujudkan Martajaya menjadi kampung budidaya ikan gabus seperti yang sudah dicanangkan Pj Bupati OKU," katanya.

Ketua Pokdakan Mandiri Jaya Agus Sutikno mengatakan, pihanya bersama anggota kelompok dan masyarakat setempat optimis cita-cita mulia ini segera terwujud.

Kehadiran Danrem 044/Gapo dan Dandim OKU serta Kadin Perikanan dan Peternakan kelokasi demplot kolam ikan gabus menjadi penyemangat untuk mewujudkan Martajaya menjadi Kampung Budi Daya Ikan Gabus.

Sumber: Sriwijaya Post

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.