Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

KA Batubara Tabrakan di Lampung, Keberangkatan Penumpang Dibatalkan

Baturajaradio.com -- Kereta Api (KA) Batubara Rangkaian Panjang (Babaranjang) saling bertabrakan di dekat Stasiun Rengas, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Senin (7/11/2022) pukul 02.25 WIB. Dampaknya, keberangkatan penumpang KA dari Stasiun Tanjungkarang ke tujuan dibatalkan

Keterangan yang diperoleh Republika.co.id, Senin (7/11/2022), dua KA babaranjang bertabrakan di Stasiun Rengas, Lampung Tengah pada dini hari. KA Babaranjang dengan nomor Plb 3031 A berangkat dari Stasiun Bekri berada di jalur I menuju Stasiun Rengas. Dari arah berlawanan KA Babaranjang dengan nomor Plb 3056 A juga masuk jalur I dari Stasiun Tegineneng.

KA Babaranjang dari Stasiun Bekri memuat batubara dengan tujuan Pelabuhan Tarahan, Kabupaten Lampung Tengah. Sedangkan KA Babaranjang dari Stasiun Tegineneng dalam kondisi kosong muatan dari Pelabuhan Tarahan menuju PT Bukit Asam, Tanjungenim, Sumatra Selatan.

Belum diperoleh konfirmasi, tabrakan tersebut menimbulkan korban jiwa. Namun, kedua KA Babaranjang tersebut terguling menutupi jalur KA yang berada di Staisun Rengas, Lampung Tengah. Semua kereta tidak dapat melintas karena masih dalam proses evakuasi gerbong KA Babaranjang.

Kabag Humas Divre IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih membenarkan terjadinya tabrakan KA Babaranjang di Stasiun Rengas, Lampung Tengah. Dia mengatakan, sejumlah perjalanan KA penumpang dari Stasiun Tanjungkarang dan juga Stasiun Baturaja dan Kertapati terpaksa dibatalkan.

Sejumlah penumpang KA Rajabasa Ekspres yang berangkat pagi pukul 8.30 WIB baru mengetahui pembatalan pemberangkatan kereta setelah berada di Stasiun Tanjungkarang. “Kami baru tahu batal tidak jadi berangkat hari ini ketika sampai di stasiun,” kata Desi (38 tahun), penumpang KA Rajabasa Ekspres tujuan Kertapati, Senin (7/11).

Menurut dia, petugas KA yang berada di Stasiun Tanjungkarang telah memberitahukan perihal tidak ada keberangkatan kereta penumpang baik dari Tanjungkarang menuju Baturaja atau Kertapati. Hal tersbut dikarenakan terjadi kecelakaan tabrakan KA Babaranjang yang menutupi jalur rel KA.

Desi mendapat petunjuk dari petugas KA untuk melakukan penggantian atau pengembalian tiket di loket yang telah disediakan. “Saya diminta untuk mengganti uang tiket, syaratnya KTP sama bukti tiket,” katanya.

Petugas KA di Stasiun KA Tanjungkarang belum bisa memastikan proses evakuasi KA Babaranjang akan selesai. Namun, untuk sementara keberangkatan penumpang dari Stasiun Tanjungkarang dan dari Baturaja juga Kertapati dibatalkan sampai proses selesai.

“Ya, belum tahu kapan selesai,” kata Heri, petugas KA di Stasiun Tanjungkarang.

(sumber : https://www.republika.co.id/berita/rkyota396/ka-batubara-tabrakan-di-lampung-keberangkatan-penumpang-dibatalkan)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.