Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Antisipasi Kenaikan Harga Sembako, Dit Intelkam Polda Sumsel dan IKAPPI Lakukan Pemantauan Pasar


Baturajaradio.com --
Guna mengantisipasi kenaikan harga dan penimbunan sembako pada akhir tahun, menyambut perayaan natal dan tahun baru (nataru).

Dit Intelkam Polda Sumsel bekerjasama Pemkot Palembang dan DPW Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Sumsel akan berkolaborasi memantau pergerakan harga.



Selain itu, juga melakukan langkah untuk memastikan kondisi harga serta ketersediaan barang tetap tersedia.


Ini disampaikan Kasubdit Intelkam Polda Sumsel Kompol Afria Jaya dibincangi Sripoku.com saat diskusi terbuka yang digelar di Teduh Kafe, Jumat (25/11/2022). 


"Ya kita lihat fenomena yang sering terjadi di setiap akhir tahun, terutama berkaitan perayaan natal dan tahun baru. Yang mana, hal tersebut secara langsung ini berdampak kepada harga sembako di pasaran. Belum lagi, kenaikan harga ini juga akan berpotensi pada terjadi aksi penimbunan. Untuk itu, melalui momen kita lakukan pengawasan serta sosialisasi berkaitan hal tersebut," ungkap Kasubdit Intelkam Polda Sumsel Kompol Afria Jaya.


Lanjutnya, untuk memastikan pihaknya kerjasama dengan instansi terkait, baik itu yang ada di Pemkot Palembang, PD Pasar Palembang Djaya.


Hingga ke asosiasi yang dalam hal ini IKAPPI Sumsel tadi untuk menjadi garda terdepan dalam upaya menjaga stabilitas harga yang ada di pasaran termasuk juga pasokan serta pendistribusian ke pedagang dan masyarakat yang tentu saja dalam hal ini sebagai konsumen. 


Ditempat yang sama, Ketua DPW IKAPPI Sumsel Muhammad Arris Alkausa ketika mengatakan, hingga kini di pasar tradisional masih banyak persoalan yang dirasakan oleh pedagang sendiri, baik itu proses pendistribusian serta pembangunan dari beberapa pasar.


Kerjasama pihak ketiga yang merugikan dari para pedagang pasar itu sendiri. Belum lagi hal akibat pandemi Covid 19, kemarin. menyebabkan daya beli masyarakat menjadi menurun. 


"Cukup banyak persoalan yang dihadapi berkaitan dengan pasar tradisional ini. Di samping itu juga, pendistribusian ke pedagang juga banyak dimonopoli oleh pemodal besar tadi. Oleh karena itu, melalui IKAPPI yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah ini, kita akan lakukan advokasi ke instansi terkait yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi saat ini," ungkapnya. 


Sambungnya, menyikapi potensi kenaikan harga di pasaran akibat dampak natal dan juga tahun baru, diakuinya,  pihaknya juga sudah bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel dan Bulog untuk menggelar operasi pasar di bulan Desember yang akan datang. Bahkan direncanakan di tahap awal dilakukan di tiga pasar di Kota Palembang. (diw)



Sumber Artikel:: https://palembang.tribunnews.com/2022/11/25/antisipasi-kenaikan-harga-sembako-dit-intelkam-polda-sumsel-dan-ikappi-lakukan-pemantauan-pasar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.