Tumis jantung pisang pedas







Baturaja Radio.Com - Jantung pisang adalah salah satu bahan makanan yang umum dimakan di Indonesia. Biasanya, makanan ini dijadikan sebagai sayur pendamping nasi dan lauk lainnya. Jantung pisang dapat diolah menjadi masakan sederhana ala rumahan yang lezat banget.

Masakan sederhana yang bisa dibuat dari jantung pisang, antara lain tumisan dan kuah yang dibumbui sedemikian rupa dan dicampurkan dengan bahan lainnya agar beragam. Dijamin, kalau dimakan bareng nasi hangat, bisa bikin nafsu makan auto meningkat.

Selain lezat, ternyata jantung pisang nggak kalah bernutrisi dari buahnya, lho. Jantung pisang kaya akan serat yang baik untuk alat pencernaan, dan mencegah berbagai penyakit seperti diare. Selain itu, jantung pisang juga bisa membuat perut kenyang lebih lama, jadi cocok banget buat menu diet.

Penasaran gimana cara membuatnya untuk menu makanan keluarga di rumah? Berikut resep tumis jantung pisang yang sederhana ala rumahan, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber, Jumat (30/7)

Bahan:
- 1 buah jantung pisang kepok
- Garam, gula, penyedap secukupnya
- 10 biji cabai rawit, ulek kasar
- Minyak dan air secukupnya

Bumbu iris:
- 3 siung bawang putih, iris tipis
- 4 siung bawang merah, iris tipis
- 3 biji cabai besar hijau, iris serong
- 3 biji cabai keriting, iris serong

Cara membuat:
1. Kupas jantung pisang, ambil bagian putihnya. Rebus air sampai mendidih kemudian beri sedikit garam, masukkan jantung pisang masak sampai matang.
2. Setelah jantung pisang matang, siram dengan air dingin, potong-potong, tiriskan. Sisihkan.
3. Panaskan minyak, tumis cabai yang sudah diulek kasar, lalu masukkan bumbu iris, masak sampai harum. Masukkan jantung pisang dan beri sedikit air.
4. Tambahkan gula, garam dan penyedap. Aduk merata dan jangan lupa koreksi rasa, angkat. Sajikan.(Brilio.net)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.