Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

3 Pekerjaan Sampingan untuk Hasilkan Tambahan Keuangan

 



Baturaja Radio.com - Kementerian Ketenagakerjaan mencatat sebanyak 29,4 juta orang Indonesia merasakan dampak pandemi Covid-19, terutama dari sisi finansial. Kondisi ini membuat masyarakat semakin menyadari pentingnya kebutuhan memiliki dana darurat.

Dana darurat biasa didapat dari menyisihkan sebagian dari penghasilan utama seseorang. Namun, tingginya biaya kebutuhan sehari-hari masih sering menjadi penghalang bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan ini.

Kondisi inilah yang mendorong banyak masyarakat berpikir kreatif dan mengupayakan pekerjaan sampingan, untuk memiliki penghasilan tambahan.

Department Head Retail OK Bank Hardiansyah Ramadhan mengatakan, memiliki pekerjaan sampingan memberikan banyak keuntungan lebih bagi yang menjalankannya.

Selain tambahan dana yang bisa disisihkan untuk kebutuhan genting, pekerjaan sampingan juga membuka peluang untuk memperluas jaringan relasi yang berkemungkinan memberikan pengalaman, pengetahuan serta kesempatan yang lebih besar lagi.

Berikut ini contoh pekerjaan sampingan mudah yang cukup berpotensi dan menghasilkan dan tidak diperlukan pendidikan tinggi untuk dijalankan:

1. Membuka Katering Rumahan

Untuk kalian ibu rumah tangga atau pekerja rumahan, jika kalian memiliki resep spesial ataupun resep turun temurun, kalian dapat membuka usaha katering rumahan atau melayani pesanan katering secara online.

“Hal ini banyak dilakukan oleh sebagian besar ibu-ibu di Indonesia karena selain menekuni hobi yang mereka senangi, mereka dapat menghasilkan uang tambahan dengan cara yang menyenangkan,” ujarnya, Kamis (28/7/2022).

Mengerjakan bisnis katering rumahan tentu diperlukan kemampuan memasak yang besar, namun kalian tidak perlu memiliki pendidikan tinggi untuk menekuni profesi ini. Kalian hanya perlu memastikan kalian memiliki kapasitas memasak yang besar dan tentunya, pastikan koneksi serta kreatifitas kalian selalu berkembang, sehingga bisnis yang kalian jalankan dapat terus memberikan penghasilan tambahan.

2. Menawarkan Jasa Freelance

Setiap kalian pasti memiliki keahlian khusus yang berawal dari hobi seperti keahlian dalam bidang translator, copywriter, editor, designer, photo/ videografer dan masih banyak lagi. Keahlian ini dapat menjadi modal bagi kalian untuk memiliki penghasilan tambahan di kemudian hari.

Banyak dari perusahaan atau institusi yang membutuhkan jasa freelance untuk bidang-bidang ini, tentunya hal ini dapat kalian kerjakan tengah-tengah waktu luang yang kalian miliki.

Kelebihan lain dari menggeluti keahlian ini adalah kalian telah memiliki pengetahuan dasar yang dibutuhkan dan kalian tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi untuk menjadi ahli dalam bidangnya. Cukup ketekunan dan koneksi yang kuat, kalian dapat menjadikan hobi ini sebagai sumber keuangan yang besar di kemudian hari.

3. Menjadi Konsultan Keuangan

Siapa yang tidak tahu dunia investasi dan trading saat ini. Banyak dari kalian pasti sudah mulai masuk dan mencoba peruntungan dari industri ini. Tren pekerjaan di bidang ini banyak disenangi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena mereka tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi, cukup dengan kemampuan dalam memahami kondisi pasar saat menekuni bidang ini. Untuk itu, menjadi konsultan keuangan dapat menjadi alternatif bagi kalian yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan ke depannya.


https://economy.okezone.com/read/2022/07/28/622/2637904/3-pekerjaan-sampingan-untuk-hasilkan-tambahan-keuangan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.