Update Cuaca Seminggu Kedepan, BMKG Prakiraan Hujan Deras akan Terus Terjadi di Sumsel Hingga 7 Hari


Baturajaradio.com
- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) selama beberapa hari kedepan akan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Sumsel Veronica Shinta Andayani, Rabu (31/8/2022).

Menurut penjelasan Veronica Shinta Andayani, mengenai prakiraan cuaca potensi hujan yang terjadi tersebut disebabkan oleh Dipole Mode Indeks yang masih bernilai negatif dimana suplai uap air dari Samudra Hindia bagian Barat Sumatera masih terpantau signifikan.

"Sekarang ini La Nina juga terbilang lemah hingga sedang aktif dan MJO berada dalam fase 2 yang menambah kontribusi uap air yang melimpah di Sumatera," jelas Veronica Shinta Andayani saat diwawancarai Sripoku.com.

Berdasarkan aktivitas itulah pertumbuhan awan konvektif di wilayah Sumsel cukup intensif dan menyebabkan hujan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat tak terbendung.

"Bahkan di beberapa kondisi hujan yang terjadi akan diiringi petir dan juga angin," sambung Veronica Shinta Andayani.

Tidak hanya dalam sepekan kedepan, Veronica Shinta Andayani melanjutkan, bahkan Dipole Mode Indeks dan La Nina akan tetap aktif hingga penghujung 2022.

"Perubahan cuaca memang selalu dinamis, sehingga meskipun telah memasuki musim kemarau kondisi hingga akhir tahun ini masih berpotensi hujan," ungkap Veronica Shinta Andayani.

Berangkat dari sini, Veronica Shinta Andayani kemudian menghimbau agar masyarakat serta pemerintah daerah dan stakeholder bisa terus memperhatikan keselamatan dan kewaspadaan atas potensi bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Diharapkan agar semua dapat mewaspadai banjir atau genangan, angin kencang, serta tanah longsor. Khususnya di daerah rawan bencana," pungkas Veronica Shinta Andayani.

(https://palembang.tribunnews.com/2022/08/31/update-cuaca-seminggu-kedepan-bmkg-prakiraan-hujan-deras-akan-terus-terjadi-di-sumsel-hingga-7-hari)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.