Putin Umumkan Caplok 4 Wilayah di Ukraina, Donetsk hingga Kherson


Baturajaradio.com --
Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang diduduki, yaitu Donetsk, Kherson, Lugansk dan Zaporizhzhia. Pengumuman empat wilayah baru Rusia itu dilakukan pada upacara akbar di Kremlin.

Dilansir AFP, Jumat (30/9/2022), pencaplokan itu disampaikan Putin dalam pidatonya. Dia juga menyerukan kepada tentara Ukraina yang berani untuk menyerah dan merundingkan penyerahan. Teriakan "Rusia! Rusia!" pun menggema saat pengumuman itu.

Putin mengatakan orang-orang di empat wilayah tersebut telah membuat 'pilihan tunggal' untuk bergabung dengan Rusia melalui sebuah referendum yang diselenggarakan oleh Moskow. Negara-negara barat menyebut hal itu sebagai referendum palsu. Mereka enggan mengaku referendum tersebut.

"Saya ingin mengatakan ini kepada rezim Kyiv dan penguasanya di Barat: Orang-orang yang tinggal di Lugansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia (wilayah) menjadi warga negara kita selamanya," kata Putin.

Putin, yang akan berusia 70 tahun minggu depan, mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari untuk menginvasi Ukraina. Sementara itu, pekan lalu, dia mengumumkan mobilisasi untuk menopang pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina yang telah menderita kerugian besar dalam beberapa bulan terakhir.

Sumber artikel :: selengkapnya https://news.detik.com/internasional/d-6322311/putin-umumkan-caplok-4-wilayah-di-ukraina-donetsk-hingga-kherson.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.