Jembatan di Jalinsum Desa Pengaringan OKU Amblas Sedalam 5 Meter, Wing dan Oprit Runtuh ke Sungai



baturajaradio.com
 
- Jembatan Air Putri Dusun III Desa Pengaringan Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) amblas, Rabu (7/9/2022), sekitar pukul 20.00 WIB malam.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah amblasnya jembatan di KM 16 yang berada di jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) Kabupaten OKU tersebut.

Namun arus lalu lintas kedua arah di jalur utama yang menghubungkan Baturaja dengan wilayah Kabupaten Muaraenim itu jadi terganggu.

Kepala Desa Pengaringan Irwadi yang dijumpai di lapangan menyebutkan, peristiwa ini terjadi pukul 20.00 WIB malam.

Amblasnya jembatan tersebut langsung dilaporkan ke Camat Semidangaji Emharis yang kebetulan sedang bersama PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah.

Mengetahui kabar amblasnya jembatan tersebut, Pj Bupati OKU langsung melapor ke Balai Besar PJN Wilayah II Kementerian PUPR Sumsel.

Bupati minta agar jembatan yang amblas segera ditanggulangi. Karena merupakan urat nadi penghubung antara Pulau Sumatera - Jawa. Pj bupati bersama pihak terkait juga sudah meninjau lokaai jembatan yang amblas.

Balai Besar PJN (Pelaksnaan Jalan Nasional) Wilayah II PUPR Sumsel melalui Darwanto (Pengawas) yang ditemui di lapangan menjelaskan jembatan yang amblas dengan kedalaman 5,2 M dan Panjang 5,5 M serta Lebar 2,5 M.

Wing dan oprit di jembatan tersebut runtuh ke dasar sungai.
Kendaraan harus begantian saat lewat jembatan dan ekstra hati-hati.
Saat itu pekerja sedang memasang kayu-kayu cerucuk untuk menahan material batu sungai yang akan ditimbun dilokasi jembatan longsor.

Selanjutnya akan diisi pasir sandbag (kantong-kantong pasir) penahan baru ditimbun dengan agregat. Darwanto menargetkan dalam dua hari proses pengerjaan dinding penahanan jembatan sudah selesai dibangun, sehingga jembatan bisa difungsikan kembali secara normal.

Pantauan dilapangan pekerjaan penanggulangan perbaikan jembatan amblas ini sudah dilakukan dengan mempekerjakan tenaga lokal dibawah pengawasan langsung Darwanto.
Dilokasi juga tampak alat berat berupa excavator dioperasikan menimbun dan memasang cerucuk serta membersihkn sisa-sisa reruntuhan jembatan.




(https://palembang.tribunnews.com/2022/09/08/jembatan-di-jalinsum-desa-pengaringan-oku-amblas-sedalam-5-meter-wing-dan-oprit-runtuh-ke-sungai.)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.