Arab Saudi Segera Umumkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030


Baturajaradio.com --
Arab Saudi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Meski masih jadi perdebatan, kabarnya FIFA sudah memberi lampu hijau!

Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar pada akhir tahun ini. Selanjutnya Piala Dunia 2026 akan digelar di benua Amerika yang tersebar di AS, Kanada, dan Meksiko.


The Times melaporkan, Arab Saudi sudah maju jadi calon tuan rumah Piala Dunia 2030. Arab Saudi akan bersama-sama jadi tuan rumah bersama Mesir dan Yunani.

Mereka bertiga bersaing dengan beberapa negara di Eropa (salah satunya duet Portugal dan Spanyol). Kabarnya, FIFA sudah memberi lampu hijau kepada Arab Saudi cs.

Dikabarkan, tak lama lagi Arab Saudi akan meresmikan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2023. Akan tetapi, muncul perdebatan terkait hal itu.

Pertama adalah, ajang Piala Dunia 2030 diyakini akan seperti di tahun 2022 ini yang digelar di musim dingin. Itu karena, musim panas di kawasan Timur Tengah akan menyulitkan para pemain. Maka, bisa jadi jadwal kompetisi sepakbola Eropa dan dunia lebih padat lagi.

Kedua adalah permasalahan isu HAM. Berbagai kebijakan hukum di Arab Saudi jadi catatan hitam pelanggaran HAM, termasuk pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di tahun 2018 yang masih dinilai jadi misteri.

Akan tetapi, Arab Saudi dinilai sudah sukses menggelar ajang olahraga kelas dunia. Sebut saja seperti pertarungan tinju hingga ajang F1.

Arab Saudi memang sedang melepas ketergantungan dari minyak sebagai devisa negara. Kawasan-kawasan selain dua kota suci (Makkah dan Madinah) disulap menjadi kawasan wisata dan menyelenggarakan festival sampai ajang olahraga taraf internasional.

Sumber artikel:: https://sport.detik.com/sepakbola/bola-dunia/d-6283799/arab-saudi-segera-umumkan-diri-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2030.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.