Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

5 Tips Sederhana Raih Kulit, Rambut dan Kuku yang Lebih Sehat

 



Baturaja Radio.com - Di tengah cuaca yang cenderung panas seperti saat ini, Anda perlu memikirkan kembali rutinitas kulit, rambut dan kuku dengan benar supaya menjaganya tetap sehat. Cuaca hangat ini membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan infeksi. 

Jadi, inilah panggilan untuk diri Anda sendiri guna menjaga tubuh Anda tetap sehat agar terhindar dari krisis musim panas. Tidak hanya melalui produk perawatan pribadi, untuk mencapai "kecantikan untuk semua" Anda juga perlu lebih fokus pada kesehatan internal serta memperoleh nutrisi yang sesuai.

Melansir dari Times of India, Minggu (9/5/2021), terdapat 5 tips sederhana dan efektif untuk raih kulit sehat dan bercahaya, rambut indah, dan tentu saja yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah kuku Anda yang kuat dan berkilau.

1. Hidrasi yang baik adalah kunci untuk kulit sehat

Cuaca hangat dan keringat dapat menyebabkan tubuh Anda sering mengalami dehidrasi, jadi perhatikan asupan air Anda minimal 3 hingga 4 liter/hari. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan elastisitas dan kelembapan kulit yang terjaga secara optimal. Dengan meminum air yang cukup juga akan memastikan bahwa nutrisi penting tersirkulasi ke sel-sel kulit.

2. Makan makanan yang sehat

Percayalah bahwa kesehatan di dalam bergema di luar. Sehingga, jika Anda benar-benar mendambakan rambut yang kuat dan indah, kulit bercahaya, dan kuku yang kuat, adaptasi pola makan yang baik karena sistem diet Anda juga butuh vitamin esensial dan mineral yang merupakan kunci. Anda juga bisa menyertakan makanan dan suplemen tertentu dalam diet untuk mengisi celah ini:

  • Biotin, ini adalah vitamin B kompleks yang juga dikenal sebagai vitamin B7, koenzim R & vitamin H. Ini meningkatkan kesehatan kulit dan kuku dengan meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan membantu metabolisme karbohidrat, asam amino yang penting untuk pertumbuhan kulit dan kuku yang bercahaya. Ini banyak ditemukan dalam kuning telur, kedelai, kacang tanah, biji bunga matahari, almond, salmon, ubi jalar, jamur, brokoli, pisang, ragi, dan alpukat. Tetapi, akan sangat bagus jika Anda bisa melengkapinya dalam bentuk suplemen makanan atau nutraceuticals.
  • Zat besi, yang dibutuhkan untuk memberikan sel Anda oksigen yang cukup, yang pada gilirannya, diperlukan untuk kuku yang sehat dan membuat kulit Anda bersinar. Jika Anda kekurangan zat besi, bentuk dan tampilan kuku Anda juga dapat terpengaruh. Zat besi dan membantu penyembuhan luka lebih cepat, melawan rambut rontok, serta memainkan peran kunci dalam stres oksidatif dan kerusakan kulit. Sumber zat besi yang kaya adalah tiram matang, kacang putih, cokelat hitam, jeroan, kedelai, bayam, tahu, dan sarden.
  • Magnesium, ketika Anda kekurangan mineral ajaib ini dalam makanan Anda, kadar asam lemak di permukaan kulit dan tingkat kolagen yang menjaga agar tetap lembab akan menurun. Wajah Anda akan menjadi lebih kering, warna kulit yang tidak merata juga rentan terhadap kerutan sehingga mineral ini penting untuk kulit dan kuku karena membantu sintesis protein dan pembentukan kuku baru. Magnesium juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan eksternal karena mengatur regenerasi dan perbaikan sel, meningkatkan pemulihan saat kulit terganggu dan menguat saat diserang. Makanan seperti biji bunga matahari, kacang-kacangan, polong-polongan, bayam, pisang, biji-bijian gandum adalah beberapa sumber yang baik jika tidak, Anda selalu dapat mencoba suplemen makanan fungsional untuk mengatasi kekurangan.
  • Asam lemak omega-3, sebagai nutrisi penting yang ditemukan dalam makanan. Mereka dapat berfungsi untuk mengatur produksi minyak kulit, meningkatkan keseimbangan hidrasi, menangkal jerawat dan meminimalkan tanda-tanda penuaan. Omega-3 juga dapat membantu melembutkan kulit yang kasar dan kering serta memiliki efek menenangkan pada iritasi dan dermatitis. Juga mencegah kuku kering dan rapuh, serta membantu melumasi dan menjaga tampilan kuku tetap mengkilap. Ikan berlemak seperti salmon, trout, mackerel, tuna, dan sarden kaya dengan omega-3, nutris ini juga dapat ditemukan dalam kenari, kedelai, telur, biji chia, biji rami, ikan, dan minyak biji rami.
  • Vitamin C, berperan sebagai antioksidan yang membantu meregenerasi antioksidan lain di dalam tubuh. Penting untuk produksi kolagen, yang membantu memberikan kekuatan dan integritas pada kulit dan kuku Anda. Vitamin C juga menangkis tanda-tanda penuaan karena peran vitalnya dalam produksi kolagen alami dalam tubuh. Sumber yang kaya vitamin C adalah buah jeruk, seperti jeruk, stroberi dan kiwi yang dianggap sebagai sumber vitamin C terbaik, paprika, sayuran hijau dan tomat juga terbukti tinggi akan nutrisi ini.
  • Zinc, mineral penting ini dibutuhkan dalam tubuh untuk berbagai reaksi termasuk pertumbuhan & pembelahan sel. zinc meningkatkan pertumbuhan kuku yang sehat. Kekurangan zinc dalam tubuh dapat menyebabkan bintik-bintik putih bersisik pada kuku Anda. Karena efek anti inflamasinya, zinc adalah mineral ajaib untuk melawan jerawat dan efek jaringan parutnya juga membantu mencegah rambut rontok. Anda dapat menemukannya dari makanan berprotein tinggi seperti daging, ikan, kacang-kacangan, produk susu, telur, jamur, bayam, dan biji-bijian atau Anda dapat melengkapi asupan zinc dalam bentuk suplemen makanan fungsional atau nutraceuticals.

3. Hindari stres

Ketika Anda mengalami banyak stres karena alasan apapun itu akan menghabiskan semua energi positif dan menyebabkan tingkat kecemasan, kegelisahan dan pikiran negatif menjadi lebih tinggi yang berdampak pada kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Kulit berjerawat, keriput, lingkaran hitam, masalah hormonal, rambut rontok yang parah, dan kuku yang rapuh adalah tanda-tanda stres. Beberapa makanan yang dapat membantu Anda melawan stres seperti teh herbal, cokelat hitam, biji-bijian, alpukat, ikan, kacang-kacangan, buah jeruk, probiotik, makanan berserat tinggi, kelor, dan ashwagandha.

4. Manfaatkan kecantikan dari kegiatan fisik

Ini adalah cara alami yang dapat memberi Anda kulit yang lebih sehat bercahaya bersama dengan banyak manfaat lainnya. Latihan memiliki efek peremajaan secara keseluruhan. 

Olahraga teratur juga berarti meningkatkan sirkulasi darah di tubuh, termasuk jari tangan, kuku jari tangan, jari kaki, dan kuku kaki. Faktanya, olahraga bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan karena meningkatkan kekuatan sistem peredaran darah dan pernapasan, yang juga berarti meningkatkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Untuk rambut, ia melakukan keajaiban seperti meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok, juga menjaga kulit kepala tetap sehat dan mencegah penyumbatan pori, juga melawan radikal bebas. Olahraga teratur memberi Anda kulit bercahaya, wajah bebas kerut dan juga membantu mencegah jerawat.

5. Dapatkan suplemen yang tepat

Ada suplemen yang diproduksi untuk meningkatkan kesehatan kita tergantung pada jenis rambut, kulit, dan kuku Anda. Suplemen ini akan memberikan nutrisi pada tubuh yang tidak dapat dipenuhi oleh sistem makan atau pola diet Anda dan akan memberikan Anda tampilan alami dan kecantikan dari dalam.

Pada akhirnya, setiap orang memiliki jenis kulit, rambut, dan kuku yang sangat berbeda secara genetik sehingga sangat penting bagi semuanya untuk memulai perjalanan yang lebih sehat dalam menjaga ketiganya, khususnya di musim panas. 

Rutinitas harian dalam diet dan produk yang Anda gunakan pada tubuh akan berdampak besar pada kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Mengingat hal ini, maka penting pula untuk memiliki produk perawatan pribadi dan memperoleh nutrisi yang sesuai untuk mencapainya.


https://www.liputan6.com/on-off/read/4548301/5-tips-sederhana-raih-kulit-rambut-dan-kuku-yang-lebih-sehat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.