Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

11 Manfaat Sayur Pakis untuk Kesehatan dan Tips Mengolahnya

 




Baturaja Radio.ComSayuran hijau memang sudah dikenal luas dan terbukti secara ilmiah memiliki banyak manfaat berkat kandungan nutrisinya yang banyak.

Moms mungkin paling sering menyajikan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, atau kale untuk disajikan kepada keluarga, tapi jika Moms mulai kehabisan ide sayuran apa lagi yang nikmat untuk disajikan, Moms bisa coba sayur pakis.

Beberapa orang mungkin kurang familiar dengan sayur pakis, padahal manfaat sayur pakis terbilang cukup banyak dan pengolahannya pun mudah.

Sayuran dengan nama latin Matteuccia struthioreris merupakan tanaman tahunan yang tumbuh subur di iklim sedang dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Tanaman pakis bisa tumbuh hingga 1,5 m dengan memiliki lekukan berbentuk U di sisi batang. Daunnya menyirip atau bipinnate yang berwarna hijau cerah.

Sayuran pakis tergolong dalam sayuran yang rendah lemak dan karbohidrat. Mengutip Boldsky, dalam 100 gram sayur pakis mentah terkandung 88,68 gram air, 34 kkal (energi) dan nutrisi seperti:

  • 4,55 g protein
  • 0,40 g total lipid (lemak)
  • 5,54 g karbohidrat
  • 32 mg kalsium
  • 1,31 mg zat besi
  • 34 mg magnesium
  • 101 mg fosfor
  • 370 mg kalium
  • 1 mg natrium
  • 0,83 mg seng
  • 26,6 mg vitamin C.
  • 0,020 mg thiamin
  • 0,210 mg riboflavin
  • 4,980 mg niacin
  • 3617 IU vitamin A

Lantas, apa saja sih manfaat kesehatan dari sayur pakis? Yuk cari tahu manfaat sayur pakis yang menakjubkan melalui ulasan berikut ini!

1. Mengatasi Anemia

Salah satu manfaat sayur pakis untuk ibu hamil adalah mencegah anemia, yang merupakan kondisi saat kadar sel darah merah kurang sehingga menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi untuk bagi bisa terganggu.

Sayur pakis adalah sumber zat besi yang baik, mineral ini akan membantu meningkatkan jumlah sel darah merah.

Sebagian besar zat besi tubuh ditemukan dalam sel darah merah darah yang disebut hemoglobin, protein yang membawa oksigen ke organ lain.

Pakis juga kaya akan vitamin C, sehingga akan membantu penyerapan zat besi lebih baik.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat sayur pakis yang menakjubkan lainnya datang berkat kandungan kalium dan niasin, yang mana kedua nutrisi ini berkontribusi pada kesehatan jantung.

Mengutip Journal of the American Society of Nephrology, kalium membantu menstabilkan tekanan darah karena tekanan darah tinggi menyebabkan stroke dengan merusak pembuluh darah otak.

Niacin (vitamin B3) di sisi lain meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida.

3. Mencegah Kanker

Seperti kebanyakan sayur hijau lainnya, sayur pakis juga kaya akan kandungan antioksidan sehingga sayuran ini diduga memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker.

Antioksidan seperti beta-karoten, vitamin A dan vitamin C melindungi sel dari radikal bebas penyebab kanker dan menstabilkan radikal bebas, sehingga menurunkan risiko kanker. 

4. Meningkatkan Kekebalan

Sayur pakis adalah sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang larut dalam air yang memperkuat sistem kekebalan dengan melawan tubuh melawan infeksi.

Vitamin C dalam sayur pakis akan membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap infeksi seperti bakteri, virus dan protozoa dan mencegahnya menyerang tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat sayur pakis menakjubkan lainnya adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan mata.

Ini karena sayur pakis adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Vitamin ini dikenal untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah rabun senja.

Mengutip Clinical Interventions in Aging, vitamin A dalam sayur pakis juga dikenal untuk menurunkan risiko degenerasi makula, glaukoma, penglihatan malam yang buruk, mata kering, bahkan katarak.

Vitamin A dalam sayur pakis juga akan memperlambat perkembangan penyakit Stargardt yang menyebabkan hilangnya penglihatan pada anak-anak.

Jika salah satu anggota keluarga Moms ada yang mengalami salah satu gangguan di atas, maka Moms bisa mencoba lebih sering memberikan asupan Vitamin A seperti yang ada di dalam sayur pakis.

6. Menyembuhkan Migrain

Sayur pakis mengandung riboflavin, yang juga dikenal sebagai vitamin B2, yang efektif untuk mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain.

Vitamin B2 memainkan peran utama dalam fungsi mitokondria yang dikenal sebagai pembangkit tenaga sel. Sayur pakis mengandung sekitar 72 persen dari nilai vitamin A yang direkomendasikan harian.

Menurut Journal of Canadian Family Physician, migrain ini dapat terjadi karena disfungsi mitokondria pada beberapa individu.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat sayur pakis selanjutnya, membantu dalam menurunkan berat badan. Ini karena dalam sayur pakis terdapat serat makanan yang mampu bertindak sebagai penekan nafsu makan yang kuat dan juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Makan sayur pakis pun membuat Moms merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan asupan kalori jadi berkurang.

8. Menambah Energi

Salah satu manfaat sayur pakis untuk ibu hamil adalah menambah energi. Mungkin selama hamil, Moms kadang merasa lemas, terlebih selama trimester awal

Sayuran pakis bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat dan seimbang karena membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan energi.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kandungan mangan di dalamnya. Mangan akan membantu mengatur fungsi tiroid serta menjaga kadar gula darah.

9. Sebagai Agen Anti-Inflamasi

Vitamin A dalam sayur pakis juga akan membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak sel dan jaringan, sehingga mampu mencegah sel menjadi terlalu aktif yang menyebabkan peradangan atau inflamasi.

Asupan vitamin A yang cukup juga akan membantu mengurangi kemungkinan alergi makanan.

Selain itu, vitamin A yang cukup juga akan mengurangi peradangan yang juga mengurangi kemungkinan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

10. Atasi Gangguan Tulang

Mangan dengan seng, tembaga, kalsium dalam sayur pakis akan membantu menurunkan kemungkinan keropos tulang pada wanita yang lebih tua yang lebih rentan terhadap tulang lemah dan patah tulang.

Kekurangan mangan ini diduga bisa meningkatkan kemungkinan penyakit terkait tulang. Dengan mangan, maka tubuh akan membentuk enzim dan hormon pengatur tulang yang terlibat dalam proses metabolisme tulang.

Studi menunjukkan bahwa asupan mangan dengan vitamin D, kalsium, tembaga, seng, dan boron dapat meningkatkan massa tulang pada wanita yang memiliki tulang lemah yang membantu mengobati osteoporosis secara alami.

11. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kandungan fosfor dalam sayur pakis juga berperan sebagai fosfolipid yang merupakan komponen membran biologis seperti asam nukleat dan nukleotida.

Ia akan membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh membatasi senyawa alkali atau asam yang berlebihan. Ini membantu proses pencernaan dengan memberikan bakteri sehat untuk tetap berada di usus.

Fosfor akan mengurangi retensi air, diare, kembung yang kemudian meningkatkan fungsi pencernaan.(orami.co.id)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.