Resep Ikan Asam Pedas Tempoyak yang Bikin Perut Keroncongan

 




Baturaja Radio.com - Kalau kamu belum tahu, tempoyak adalah makanan fermentasi berupa durian digunakan sebagai campuran masakan di berbagai daerah, terutama Sumatra dan Kalimantan. Asam dari durian yang disimpan selama beberapa hari ini menghasilkan aroma dan rasa lezat. Tidak heran cukup banyak masakan yang menggunakan tempoyak sebagai campurannya. Salah satu hidangan yang menggunakan tempoyak sebagai campurannya dan cukup populer adalah ikan asam pedas tempoyak. Sebenarnya, menu satu ini bisa menggunakan ikan apa saja, tetapi banyak yang menggunakan ikan nila karena mudah ditemukan.

1. Bahan membuat ikan asam pedas tempoyak

Bahan-bahan:

  • 3 ekor ikan nila ukuran sedang, boleh ganti ikan apa saja
  • 200 gram tempoyak
  • 200 gram cabai merah, haluskan
  • 8 siung bawang merah, haluskan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1 buah jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis ikan
  • garam secukupnya
  • air bersih secukupnya

2. Bersihkan dan potong ikan jadi beberapa bagian

Bersihkan ikan dari kotoran dan sisiknya. Jangan lupa juga buang insangnya. Potong-potong ikan menjadi beberapa bagian sesuai selera, lalu sisihkan ke dalam wadah. Setelah itu, cuci bersih ikan dengan air dan campuran perasan jeruk nipis agar bau amis berkurang. Jika sudah, segera tiriskan ikan. Kemudian, siapkan wajan dan pastikan wajan yang cukup untuk menampung kuah agar tidak tumpah saat mendidih.

3. Masukkan tempoyak dan bahan lainnya ke wajan

Masukkan tempoyak, cabai, dan bawang merah halus ke dalam wajan. Beri garam secukupnya, jangan terlalu banyak karena cabai halus yang dibeli di pasar biasanya sudah cukup asin. Tambahkan juga daun kunyit yang terlebih dahulu sudah disimpulkan. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya, lalu aduk agar tempoyak, cabai, dan bawang merah larut merata. Pastikan banyaknya kuah cukup untuk merendam semua ikan agar matang dengan merata.

4. Masak ikan hingga kuahnya mengental

Apabila semua bahan sudah siap, segera nyalakan kompor dengan api sedang. Tunggu hingga kuah mendidih, lalu masukkan ikan. Aduk sesekali saja agar ikan tidak hancur. Setelah itu, masak ikan sampai kuah menyusut dan agak mengental. Kecilkan api, lalu tambahkan gula pasir dan koreksi rasanya. Apabila sudah pas, matikan kompor. Sajikan Ikan asam pedas tempoyak dengan nasi putih. 

5. Tips membuat ikan asam pedas tempoyak supaya lebih nikmat

Ada beberapa tips membuat ikan asam pedas tempoyak yang lebih enak dan segar. Pertama, pastikan menggunakan tempoyak yang tidak terlalu asam atau terlalu lama disimpan. Tempoyak yang nikmat hanya disimpan selama 3-4 hari. Selain itu, penggunaan ikan tentu juga berpengaruh. Ikan yang segar akan menghasilkan rasa lebih enak. Tak lupa, penggunaan cabai halus juga harus diperhatikan. Usahakan menggunakan cabai yang masih baru dan tidak terlalu asin. Ikan asam pedas tempoyak ini rasanya pedas, segar, dan sangat menggugah selera makan. Cobalah membuat di rumah, dijamin sebelum matang pun perutmu sudah keroncongan mencium aromanya.

https://www.idntimes.com/food/recipe/yeliza-umami/resep-ikan-asam-pedas-tempoyak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.