Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Harga Sawit Palembang: Harga TBS Sawit di OKU Sumsel Rp 1.500 per Kg, Masuk Musim Panen


Baturajaradio.com
- Harga sawit Palembang, harga tandan buah segar (TBS) sawit segar di OKU Sumsel saat ini Rp 1.500 per kg dari sebelumnya Rp 800 per kg.

Kenaikan harga sawit Palembang, harga TBS sawit di OKU Sumsel ini sudah terjadi sejak awal Agustus 2022 dan memang trennya terus naik. 

Meski kenaikan harga TBS sawit di OKU Sumsel ini tidak terlalu signifikan tetapi sudah terlihat geliat perekonomian petani di OKU sejak harga sawit di OKU yang mengacu pada harga sawit Palembang.

Harapan bagi petani sawit agar dapur masih bisa mengepul dan pendidikan anak bisa terjamin.

Pantauan di lapangan Sabtu ( 27/8/2002), perkebunan kelapa sawit sepertinya dalam kondisi baik cuaca yang cukup berimbang antara hujan dan panas yang stabil mendukung pertumbuhan bunga dna buah sawit.

Musim panen buah kelapa sawit yang yang hampri sama dengan buah kelapa pada umumnya tetap berjalan seperti biasa.

Baca juga: Cerita Suami Bopong Istri Stroke Terobos Api, Pasutri Lansia Korban Kebakaran Ogan Ilir Desa Lorok

Bebrapa pohon sawit sudah dipanen dan ada juga jjuga hamparan kebun yang sedang berputik dan ada juga yang sedang memasuki musim panen.

General Manager Operasional (GMO) PT Perkebunan Minanga Ogan I Wayan Sudirsa didampingi Manager Non Operasional Prasetyo Widodo menjelaskan, luas kebun inti seluas lebih kurang 6.400 HA dan kebun plasma (milik rakyat) seluas lebih kurang 6.00 HA.

Untuk produksi dari kebun ini sebanyak 400-500 Ton/perhari dengan Crude Palm Oil (CPO) sekitar 100 Ton/perhari. Pihaknya berharap harga buah kelapa sawit terus bergerak naik sehingga mencapai harga normal seperti beberapa waktu lalu.

Saat ditanya seputar tingginya harga minyak goreng sawit yang sampai menyentuh angka Rp 25 ribu per liter untuk minyak premium apakah ada pengaruh positifnya bagi petani dan perkebunan kelapa sawit. Intinya apakah pemilk atau petani sawit ikut menikmati tingginya harga minyak goreng dari kelapa sawit.

General Manager Operasional (GMO) PT Perkebunan Minanga Ogan I Wayan Sudirsa tidak begitu merespon. Begitu juga saat ditanya kenapa harga minyak goreng kelapa sawit terlalu tinggi di negeri yang terkenal dengan pengahasil sawit terbesar dunia. “ Itu kebijakan pemerintah,” kata Wayan diplomatis.

Harga Sawit Periode 2 Bulan Agustus 2022

Harga sawit Palembang, harga tandan buah segar (TBS) sawit di Sumsel pada bulan Agustus 2022 periode 2 menunjukkan perkembangan yang baik. Di bulan Agustus ini sudah dua kali update harga terbaru selalu naik.

"Secara Internal Kenaikan harga crude palm oil (CPO) dan inti sawit (kernel) hampir di seluruh perusahaan sumber data. Sudah pasti memberi dampak kepada harga TBS di tingkat petani sawit Sumsel," kata Rudi

Menurutnya, secara eksternal kenaikan ini diakibatkan ekspor CPO Sumatera Selatan mulai menuju normal kembali. Untuk itu diharapkan PKS dapat tetap membeli TBS Plasma sesuai harga tim penetapan harga TBS Sumsel.

"Dinas Perkebunan melalui Gugus Tugas Monitoring Harga TBS tetap memonitor harga yang berlaku di pasaran dan diharapkan PKS dapat memberikan harga yang wajar kepada petani Swadaya," pesannya.

Menurutnya, jika petani Swadaya menginginkan harga sesuai dengan harga yang dikeluarkan oleh Tim Penetapan Harga Sumsel, tidak ada jalan lain petani swadaya harus berkelompok dan bermitra dengan PKS terdekat.

"Banyak manfaat yg didapat oleh petani sawit jika mereka berkelompok dalam kelembagaan seperti koperasi atau KUD.Paling tidak ada enam manfaat yang dapat diperoleh," bebernya

Enam manfaat tersebut yaitu,
1. Adanya jaminan pelaksanaan usaha sawit yang berkelanjutan
2. Peningkatan pada produktifitas
3. Tumpang sari pada lahan perkebunan sawit
4. Petani jadi paham tentang budidaya sawit sesuai standar teknis budidaya
5. Penjualan sawit terkoordinir melalui kelembagaan yang bermitra dengan Pabrik Kelapa Sawit (PKS)
6. Petani sawit menjadi tertib dalam pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban dana peremajaan.

Berikut rincian harga Hasil Penetapan Harga TBS Periode II Provinsi Sumatera Selatan tanggal 19 Agustus 2022 berdasarkan usia tanaman.

Tahun 3 (Rp 1.911,34)
Tahun 4 (Rp 1.960,07)
Tahun 5 (Rp 2.004,76)
Tahun 6 (Rp 2.044,50)
Tahun 7 (Rp 2.080,18)
Tahun 8 (Rp 2.112,72)
Tahun 9 (Rp 2.140,28)
Tahun 10-20 (Rp 2.189,82)
Tahun 21 (Rp 2.161,19)
Tahun 22(Rp 2.136,78)
Tahun 23 (Rp 2.107,84)
Tahun 24 (Rp 2.074,83)
Tahun 25 (Rp 2.001,25)

Harga CPO Rp. 10.250,25
Harga inti Rp. 5.020,82
Indeks K 88,61 persen 

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/08/29/harga-sawit-palembang-harga-tbs-sawit-di-oku-sumsel-rp-1500-per-kg-masuk-musim-panen?page=all)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.