Harga Karet Palembang: Update Harga Karet OKU Timur Sumsel, Tertinggi Rp 11 Ribu


Baturajaradio.com
- Harga karet Palembang, update harga karet OKU Timur Sumsel dirilis Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur, Basuki.

Untuk pekan ini terakhir Agustus 2022, harga karet Palembang, update harga karet OKU Timur berada di angka Rp 9 ribu sampai Rp 11 ribu per kilogram.

Secara keseluruhan harga karet Palembang, harga karet OKU Timur memang harganya relatif berbeda-beda. Namun tetap berkisar di harga tersebut.  Harga tertinggi pekan ini Rp 11 ribu per kg. 

"Kalau mingguan berdasarkan laporan kawan-kawan di lapangan, 9-11 ribu, merata di OKU Timur," ucapnya, Senin (22/8/2022).

Menurutnya banyak faktor yang mempengaruhi harga karet.

"Iya banyak faktor, diantaranya seperti kualitas bongkar dan rantai pemasaran yang terlalu panjang," ungkapnya.

Terkait harga karet ini, lanjut dia, pihaknya memang kerepotan dalam mengukurnya karena harga ditentukan oleh pasar internasional.

"Penerapan di lapangan itu tergantung pedagang kadang beda-beda juga," bebernya.

"Kalau memang keinginan petani kan harga tinggi, tapi kita tidak bisa menentukan harga itu. Harga paling tinggi dalam beberapa bulan ini sekitar 12 ribu lebih," tutupnya.

Cara dan Waktu Menyadap Karet

Cara dan waktu menyadap karet yang baik perlu diketahui oleh petani agar getah karet yang dihasilkan banyak.

Untuk mendapatkan hasil getah karet yang lebih maksimal, diimbau para petani mengetahui cara menyadap karet yang baik dan benar. Hasil getah karet yang lebih maksimal dengan kadar air yang rendah juga akan berpengaruh pada harga karet Palembang.

"Perbedaan waktu menyadap karet antara pagi, siang, dan sore hari, sedikit banyak akan mempengaruhi kuantitas getah yang dihasilkan," kata Kepala Bidang Penyuluhan Pengolahan dan Pemasaran Disbunnak OKI, Zulkarnain saat berbincang tentang harga karet Palembang beberapa waktu lalu.

Waktu yang baik untuk menyadap karet yaitu pagi hari sekitar pukul 05.00 - 06.00 waktu daerah masing-masing. Dikarenakan turgor (dinding sel pohon karet) dalam tekanan yang tinggi. 

"Semakin tinggi tekanan maka semakin banyak pula lateks (getah karet) yang dihasilkan. Jadi bagus pagi dibandingkan dengan waktu penyadapan saat siang ataupun sore hari," ujarnya.

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/08/22/harga-karet-palembang-update-harga-karet-oku-timur-sumsel-tertinggi-rp-11-ribu?page=all)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.