Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

9 Manfaat pare untuk kesehatan: menurunkan asam urat tinggi sampai berat badan


Baturaja Radio.Com
Pare, pahit namun disukai oleh sebagian masyarakat. Ini sederet manfaat pare untuk kesehatan, bisa menurunkan berat badan sampai asam urat tinggi.  Pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Walaupun rasanya pahit, tidak sedikit orang yang suka mengonsumsi pare. 

Biasanya masyarakat memanfaatkan pare sebagai bahan makanan seperti diolah menjadi siomay atau sayuran.  Mengutip dari buku Khasiat & Manfaat Pare karya Dr. Tati S.S Subahar & tim Lentara, rupanya pare tidak hanya tumbuh dan berkembang di Indonesia, pare juga tumbuh di Jepang, Filipina, India, dan Cina.  Tahukah Anda bila pare terdapat tiga jenis yakni pare hijau, pare putih, dan pare ular. Pare hijau merupakan jenis pare yang banyak dikonsumsi masyarakat tanah air.  Sesuai dengan namanya, pare hijau memiliki warna hijau dengan rasa pahit. Buah pare hijau berbentuk lonjong dengan permukaan kulit berbintil.  Sama dengan buah dan sayuran lainnya, pare mengandung tinggi serat. Tidak hanya itu, pare juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.  Dalam 100 gram buah pare segar mengandung serat 1,6 gram, kalsium 288 mg, beta karoten 110 mg, kalium, 270 mg, tiamine 0,06 mg, riboflavine 0.07 mg.  Tidak hanya buahnya, daun pare juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengutip dari buku The Miracle of Vegetables karya Farah Rizki.S Gz, 100 gram daun pare segara mengandung kalsium 264 mg, besi 5 mg, fosfor 666 mg, vitamin A 0,05 mg, vitamin C 170 mg, dan folasan 88 mg.  Kandungan tersebutlah yang membuat pare banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat.  Manfaat pare untuk kesehatan  Pare masuk sebagai tanaman herbal yang dipercaya mampu mencegah dan mengobati sejumlah penyakit ringan sampai kronis.  Berikut manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui 
 
1. Asam urat  Asam urat penyakit yang umum diderita masyarakat. Kandungan dalam pare efektif membantu menurunkan asam urat tinggi.  cara meracik obat herbal asam urat dari pare yang dikutip dari buku berjudul 1001 Resep Herbal.   Anda sediakan pare 200 gram dan tiga gelas air. Anda cuci pare sampai bersih lalu potong tipis-tipis.  Anda rebus pare sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas. Anda dinginkan dan saring. Anda minum air rebusan pare dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.  

2. Sariawan  Daun pare mampu menyembuhkan sariawan. Jangan heran, daun pare kaya akan vitamin C dan juga senyawa aktif yang ampuh menyembuhkan sariawan.  Daun pare bisa jadi opsi menyebuhkan sariawan untuk Anda yang enggan menggunakan obat sariawan. 

3. Menurunkan demam  Buah pare mengandung charantin dan alkaloid pahit yakni momordisin. Zat tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan demam.  Tidak hanya buahnya, daun pare juga berkhasiat menurunkan demam.  

4. Mengobati diabetes  Pare disebut-sebut sebagai anti diabetes. Faktanya, tidak hanya mencegah diabates pare juga bermanfaat sebagai obat diabetes melitus alias kencing manis.  Pare mengandung lektin yang memiliki aktivitas seperti insulin. Lektin mampu menurunkan konsentrasi glukosa darah dengan bekerja pada jaringan periferal yang fungsinya seperti insulin.  Tidak hanya itu, pare juga mengandung flavanoid dan alkaloid yang merangsang pangkreas memproduksi insulin lebih banyak banyak untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabates  Pare juga mengandung senyawa aktif saponin, karantin dan glikosida yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.  

5. Obat sembelit  Pare kaya akan serat, hal inilah yang membuat pare bermanfaat untuk menjaga proses pencernaan.  Pare bisa jadi solusi untuk Anda yang enggan minum pencahar saat menderita sembelit.   

6. Obat cacing  Selain mengobati demam dan diabetes, pare juga ampuh sebagai obat cacing. Ekstrak pare memiliki efek antihelmintik yang ampuh melawan cacing.  Selain itu, pare juga ampuh melancarkan pencernaan serta meredakan kembung.  

7. Antikanker  Tidak hanya menjadi obat, pare juga bermanfaat sebagai penangkal kanker. Hal ini disebabkan pare mengandung antioksidan tinggi  

8. Obat Jerawat Anda bermasalah dengan jerawat? Pare bisa jadi solusinya. Mengutip dari Sajiansedap.grid.id, pare mengandung antioksidan dan antimikroba yang mampu menghilangkan racun dalam darah. Tidak hanya itu, pare juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal inilah yang membuat pare efektif mengobati jerawat dan penyakit kulit lainnya seperti kurap, bisul, dan gatal-gatal.  

9. Menurunkan berat badan  Pare baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Sebab, pare, termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat.  Serat dalam pare bisa melancarkan sistem pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Efek samping pare   Pare memang kaya akan manfaat, namun tidak berarti Anda bisa mengonsumsi pare secara sembarangan dalam jumlah banyak.  Dalam sebuah penelitian menunjukkan konsumsi pare dalam jangka waktu lama berpotensi mematikan sperma, memicu impotensi, merusak buah zakar, dan merusak hati.  Maka sebaiknya Anda mengonsumsi pare secukupnya agar tidak sampai memicu efek samping.  (kesehatan.kontan.co.id)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.