Setop Sebarkan Video Korban Kecelakaan Maut Truk Pertamina! Bisa Picu Trauma


Baturajaradio.com --
Truk tangki Pertamina menabrak sejumlah mobil hingga motor di Jl Alternatif Cibubur, CBD, Bekasi. Dilaporkan ada 1
0 korban tewas dalam kecelakaan tersebut.

"TKP di sini, jadi kendaraan Pertamina berjalan dari arah Cibubur menuju Cileungsi. Di mana memang kondisi jalan menurun dan lampu merah ada kendaraan yang sedang berhenti," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, dikutip dari detikNews, Senin (18/7/2022).

Video kecelakaan nahas truk tangki Pertamina ramai beredar di media sosial. Tidak sedikit dari mereka yang membagikan rekaman korban jenazah di lokasi kejadian.

Beberapa video bahkan menyorot jelas potongan tubuh dari korban kecelakaan. Psikolog klinik dewasa Wulan Ayu Ramadhani, M Psi mewanti-wanti sebaran video semacam itu bisa menimbulkan rasa trauma. Terlebih pada keluarga korban.

"Keluarga bisa saja masih syok dan trauma atau bisa jadi bahkan belum bisa menerima kondisi tersebut," kata dia beberapa waktu lalu.

Senada, psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center juga menegaskan tak seharusnya gambar dan video jenazah pasca kecelakaan disebarluaskan. Seseorang yang juga bukan dari bagian keluarga korban, bisa mengalami cemas hingga trauma.

"(Trauma dan cemas) tidak pada setiap orang. Pada sebagian orang, bisa saja memicu rasa cemas dan trauma. Misalnya pada orang yang pernah memiliki pengalaman serupa atau mirip yaitu mengenai kecelakaan atau musibah-musibah terkait dirinya dan keluarganya," kata Rahma saat dihubungi terpisah, beberapa waktu lalu.

Sumber artikel::   https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6186049/setop-sebarkan-video-korban-kecelakaan-maut-truk-pertamina-bisa-picu-trauma.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.