Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Arem-arem.

Baturaja Radio - Siapa sih yang bisa nolak jajanan pasar? Aneka macam camilan ini rasanya selalu bikin perut susah untuk menolak. Mulai dari gorengan sampai olahan kukus disajikan dalam jajanan pasar. Apalagi Indonesia memiliki banyak jenis jajanan pasar dari berbagai bahan. Hal ini semakin membuat kamu bisa mencicipi setiap jenis jajanan yang dijual di pasaran.

Selain datang langsung ke pasar, biasanya kamu bisa menemukan sederet makanan ini saat tersaji di acara-acara khusus. Arisan, acara keluarga, pernikahan, rapat kantor, dan pertemuan-pertemuan lainnya. Jajanan pasar dijadikan andalan sebagai teman makan ringan yang bisa menambah keseruan acara. Selain karena bentuknya yang kecil, jajanan ini nggak akan membuatmu langsung kenyang dengan cepat.



Bahan:

- 250 gr beras pulen, cuci bersih, tiriskan
- 2 bungkus santan instan dan secukupnya air seperti memasak nasi biasa
- 1 lembar daun salam
- 1 batang serai, memarkan
- Secukupnya garam
- Secukupnya daun pisang dan tusuk gigi

Isian (sambal goreng kentang jeroan):
- 5 pasang hati rempela, goreng setengah matang, potong kecil
- 1 buah kentang, potong kotak kecil
- 2 buah wortel, potong kecil
- 1 sdt air asam jawa
- 1 sdm gula merah sisir
- Seruas lengkuas, memarkan
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
- 50 ml santan/air
- Secukupnya gula dan garam

Bumbu halus:
- 5 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 15 cabai merah mix rawit merah
- 1 butir kemiri

Cara membuat:
- Dalam panci, masukkan beras, santan, garam, daun salam dan sereh. Masak dengan api kecil sampai santan asat. Sisihkan.
- Untuk isian, panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta daun jeruk, daun salam dan serai sampai harum. Masukkan kentang dan wortel aduk-aduk sampai layu. Tambahkan santan/air, gula merah, air asam Jawa, jeroan ayam, masak sampai santan mengering. Tes rasa.
- Untuk penyelesaian, ambil 1 lembar daun pisang, letakkan secukupnya nasi aron di atas daun pisang, beri isian di tengah, padatkan, bungkus rapat dengan daun pisang dan sematkan tusuk gigi. Lakukan sampai habis. Kukus selama kurang lebih 30 menit/sampai matang.(
briliofood.net)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.