Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

5 Sikap Praktis Ketika Mendapat Teguran Atasan


Baturajaradio.com-- 
Hidup kadang tak semulus harapan kita. Kadang, kejadian yang tak diharapkan menimpa kita. Bisa jadi karena kesalahan kita yang disengaja maupun tidak sengaja. Namun, bukan kesalahannya yang perlu dibahas, tapi bagaimana menyikapi kesalahan itu yang penting.

Ketika kita berbuat kesalahan di kantor, tentu kita akan mendapat teguran. Nah, sikap dan kedewasaan kita diuji saat kita mendapat teguran karena kesalahan kita tersebut. Konon, orang pintar adalah orang yang tidak salah bersikap ketika berbuat kesalahan. Jika sikap kita baik, maka atasan kita akan lebih cepat memaafkan, sebaliknya  jika kita salah bersikap, maka kesalahan itu akan berdampak lebih panjang.

 Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kita lakukan saat kita melakukan kesalahan di kantor.


1.       Akui Kesalahan

Ketika mendapat teguran, usahakan jangan emosi. Emosi hanya akan memperlihatkan ketidakdewasaan anda. Alangkah baiknya jika anda mengakui kesalahan anda tersebut dan meminta maaf kepada atasan.

2.       Berikan Janji Untuk Memperbaiki

Jika kesalahan yang anda lakukan disebabkan karena keteledoran anda, maka berikan janji untuk memperbaiki sikap anda tersebut. Misalnya, anda terlambat datang pada rapat yang sangat penting, berikan janji untuk tidak mengulanginya dan akan datang diawal waktu untuk rapat mendatang.

3.       Tebus Kesalahan Anda

Ketika anda berbuat kesalahan, maka nilai anda di mata atasan sudah berkurang. Maka untuk mengembalikan nilai dan kepercayaan anda di mata atasan, tebuslah kesalahan anda dengan cara bekerja lebih giat lagi dari biasanya. Tunjukkan bahwa anda menyesal dan itu menjadi pemicu sehingga anda bekerja lebih semangat lagi.

4.       Jangan Merasa Minder

Tiap orang pasti punya kesalahan. Hanya malaikat saja yang tidak pernah salah. Oleh karena itu, jangan sampai anda merasa minder dengan kesalahan tersebut. Asal anda sudah mengakui dan meminta maaf, maka tugas anda selesai sampai disitu.

5.       Lupakan

Ya, lupakan. Jangan merasa terbebani dengan kesalahan tersebut yang pada akhirnya akan membuat kerja anda tidak optimal. Segera lupakan masalah tersebut dan hadapi pekerjaan anda dengan kepala tegak karena anda sudah berupaya memperbaiki kesalahan tersebut.


So, tidak perlu canggung lagi ketika berbuat kesalahan di kantor, karena anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

sumber artikel: https://bincangkarir.blogspot.com/2013/03/sikap-praktis-ketika-mendapat-teguran.html
fbclid=IwAR2vfmYq3Q_KCxOBvVYTmn7Idx7qiaJaoxq6Dt0hsRt80JRIDRZp_Gt2T7k 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.