10 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan, Salah Satunya Mempersingkat Durasi Penyakit

Mengonsumsi air dari perasan buah jeruk nipis memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Jeruk nipis sering dinikmati oleh masyarakat dengan cara mencampurkannya ke dalam air putih, menjadi minuman pelepas dahaga yang menyehatkan. Dilansir dari Healthline, jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang bisa berguna melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi air perasan buah tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan dan meremajakan kulit.

Terdapat kandungan nutrisi penting di dalam jeruk nipis, seperti: Kalium Vitamin A Vitamin B Vitamin C Vitamin D Kalsium Magnesium


Manfaat jeruk nipis Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapat ketika Anda menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam air putih untuk dikonsumsi: 

1. Meremajakan kulit Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan untuk memperkuat kolagen. Minum air jerus nipis juga dapat menghidrasi tubuh dan meremajakan kulit. Namun tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit Anda.

 2. Meningkatkan pencernaan Perasan air jeruk nipis bersifat asam, sehingga dapat membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Keasaman pada jerus nipis juga dapat membersihkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus, sehingga baik untuk mengatasi sembelit. Lihat Foto Ilustrasi wedan jahe jeruk nipis. 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi seperti virus flu dan pilek. Selain itu, dua kandungan tersebut juga dapat mempersingkat durasi suatu penyakit. Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 7 Kegunaan Kulit Jeruk 

4. Menurunkan berat badan Manfaat lain dari jeruk nipis adalah membantu mengatur berat badan. Kandungan asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. Anda dapat meminum air jeruk nipis setiap pagi atau mengisap irisan jeruk nipis sebelum makan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

5. Menurunkan kadar gula darah Jeruk nipis dapat membantu penderita diabetes unutuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Memiliki indeks glikemik yang rendah membuat jeruk nipis dapat mengatur tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah.

 6. Menyehatkan jantung Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan potasium yang baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat di jeruk nipis juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, serta dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Senyawa limonin pada jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Baca juga: Manfaat Minum Air Lemon bagi Tubuh 

7. Mencegah kanker Mengonsumsi air perasan jeruk nipis dapat mengurangi risiko terkena kanker dan membantu melawan penyakit. Sifat antioksidan dalam jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi kekebalan pada tubuh. Lihat Foto Ilustrasi jeruk nipis. 

8. Mengurangi peradangan sendi Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meredakan gejala radang sendi dan kondisi yang membuat sendi nyeri serta kekakuan sendi. Jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar asam urat yang terdapat di dalam tubuh.

9. Mencegah batu ginjal Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi air jeruk nipis dapat membatu mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal. Kandungan asam sitrat dan vitamin C berperan penting dalam mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal di masa depan. 10. Meningkatkan konsumsi air Orang yang tidak mengonsumsi cukup air putih dapat menambahkan perasan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa air tersebut, sehingga dapat mendorong  untuk minum lebih banyak air putih.






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.