Doyan Ngopi? Ini Tips Sehat Minum Kopi Agar Tak Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

 



Baturaja Radio.comKopi seperti yang telah kita ketahui telah menjadi bagian atau gaya hidup bagi sebagian besar kalangan, mulai dari usia remaja hingga dewasa.

Dihimpun dari laman Hops.id--Jaringan Suara.com, bahkan tidak sedikit ahli kesehatan percaya bahwa kopi merupakan salah satu minuman menyehatkan.

Tapi dengan catatan, mengonsumsi kopi tetap harus ada batasan agar tidak berlebihan dan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Lalu bagaimana tips sehat minum kopi yang tepat? Berikut simak informasi tentang cara sehat minum kopi berikut di bawah ini.

1. Tambahkan bubuk kakao

Kakao dikenal dengan kandungan antioksidan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk penurunan risiko penyakit jantung.

Bagi kamu penggemar kopi, mungkin bisa mencoba menambahkan sedikit bubuk kakao ke dalam seduhan kopi untuk menambah rasa.

2. Hindari menambahkan krimer buatan

Krimer sejenis ini biasanya cenderung diproses tinggi dan mungkin mengandung bahan-bahan yang meragukan.

Alih-alih krimer non-susu, pertimbangkan untuk menambahkan susu murni dari sapi yang diberi makan rumput.

Karena, studi menunjukkan bahwa susu yang diperoleh dari sapi yang diberi makan rumput mengandung beberapa vitamin K yang bagus untuk peningkatan kesehatan tulang.

3. Hindari penggunaan gula

Minum kopi memang dapat menyehatkan, namun penggunaan gula ke dalam seduhan kopi dapat mengubah khasiat baik menjadi sesuatu yang berbahaya.

Gula dengan jumlah fruktosa yang tinggi di dalamnya sering dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

Jika meminum kopi tanpa gula dirasa pahit, kamu bisa menggunakan pemanis alami seperti stevia ke dalam seduhan kopi.

4. Usahakan tidak minum kopi setelah jam 2 siang

Kopi menjadi salah satu sumber kafein alami terbanyak. Kafein juga merupakan stimulan yang bisa membantu seseorang untuk tetap terjaga ketika merasa lelah.

Tetapi, meminum kopi di sore hari dapat mengganggu jam tidur seseorang. Dan, kurang tidur banyak dikaitkan dengan segala macam masalah kesehatan.

Tidak minum kopi setelah pukul 2 hingga 3 sore merupakan tips yang baik untuk para penggemar kopi meskipun beberapa orang mungkin masih bisa tidur nyenyak setelah minum kopi di sore hari.

5. Pakai saringan kertas

Kopi yang diseduh dapat mengandung cafestol dan diterpene yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Untuk mengurangi level kandungan tersebut, cukup gunakan saringan kertas saat menyeduh kopi karena dapat menurunkan jumlah cafestol di dalamnya.

Meskipun, sebenarnya tidak semua cafestol buruk di mana sebuah studi terbaru pada tikus menunjukkan bahwa kandungan tersebut memiliki efek anti-diabetes.

6. Jangan minum kopi berlebihan

Meminum kopi dalam jumlah yang sedang masih dikatakan baik untuk tubuh. Namun mengonsumsinya secara berlebihan justru dapat mengurangi manfaatnya.

Perlu diingat bahwa meminum kopi adalah tentang menyeimbangkan risiko dan manfaat baiknya. Konsumsilah secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Itulah 6 tips dan trik meminum kopi dengan cara yang super sehat. Selamat mencoba!

https://www.suara.com/lifestyle/2022/03/22/132259/doyan-ngopi-ini-tips-sehat-minum-kopi-agar-tak-berdampak-buruk-bagi-kesehatan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.