Cara Mudah Membuat Tauge Sendiri di Rumah

 


Baturaja Radio.com Apakah kamu salah satu orang yang suka dengan sayur tauge Sahabat Fimela? Selain sangat menyehatkan dan membantu meningkatkan kesuburan kandungan, sayur tauge juga memiliki rasa yang enak. Sayuran ini juga bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera. Ketika hendak memasak tauge, dari mana kamu mendapatkan tauge tersebut? Beli di penjual sayur yang tiap hari lewat depan rumah atau pergi ke pasar?

Jika kamu ingin masak tauge yang dibuat sendiri di rumah, sebenarnya sangat mudah. Selain lebih hemat, membuat tauge atau kecambah sendiri ini juga meningkatkan daya kreativitas kita. Penasaran apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat tauge dan bagaimana cara membuatnya? Simak tipsnya berikut ini.

Bahan

  • 100 gram kacang hijau (pilih kualitas baik
  • Wadah berlubang-lubang (bisa pakai bakul plastik, bakul bambu atau kukusan serta saringan
  • Baskom 
  • Kain serbet bersih
  • Air

Cara Membuat

  1. Cuci bersih biji kacang hijau. Rendam di dalam baskom yang telah diisi air. Jika ada biji kacang hijau yang mengapung, ambil lalu buang karena kualitas biji buruk.
  2. Rendam biji kacang hijau ini kurang lebih selama 24 jam. Ganti air untuk merendam sebanyak 4 sampai 5 kali agar kualitas kacang hijau senantiasa baik. 
  3. Kacang hijau yang sudah direndam kemudian dicuci bersih dan diletakkan di dalam wadah yang berlubang-lubang kecil. Agar kacang hijau tidak tumpah lewat lubang bawah, pada wadah beri alas serbet bersih. 
  4. Tutup wadah tempat kacang hijau dengan serbet bersih lainnya, letakkan di tempat yang lembab dan tidak terdapat sinar matahari langsung. 
  5. Siram kacang hijau ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari agar kecambah atau tauge tumbuh dengan baik. 
  6. Setelah 2 sampai 3 hari, tauge telah tumbuh dengan baik dan siap diolah menjadi berbagai bahan masakan lezat. 
  7. Cuci bersih tauge sebelum diolah. Bersihkan juga kulitnya yang berwarna hijau agar rasa tauge semakin mantap.

Itulah cara membuat tauge sendiri di rumah. Selain kacang hijau, kamu juga bisa membuat tauge dengan kacang kedelai atau kacang merah. Semoga tips dapur ini bermanfaat (fimela.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.