Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Menanam Jagung Dengan Hasil Memuaskan




Baturajaradio.com --
Siapa yang tidak pernah mengenal jagung? Hampir seluruh masyarakat mengetahui apa itu jagung. Jagung adalah salah satu komoditas biji – bijian yang biasanya dijadikan sumber energi. Oleh karena itu jika anda sarapa menggunakan jagung, anda secara tidak langsung sudah mengisi energi anda. jagung dapat diolah menjadi apapun sehingga cukup menguntungkan bagi orang yang ingin membudidayakannya. Jika anda penasaran, inilah cara menanam jagung yang disediakan untuk anda. Semakin anda mengetahui tentang cara budidaya tanaman jagung, maka anda akan menghasilkan kualitas jagung yang baik.

Sangat jelas jika tana
man jagung tidak terlalu susah untuk dibudidayakan. Anda harus percaya dengan kemampuan anda. oleh karena itu anda akan diberikan beberapa saran untuk membudidayakan jagung dengan hasil yang melimpah. Sebelum mengetahui cara menanam jagung, anda harus mengetahui varietas jagung. Jagung memiliki beberapa varietas yang bisa ditanam oleh anda. contoh varietas tersebut adalah baby corn, jagung warna warni, jagung manis, jagung hibrida, dan lain – lainnya. Anda harus mengetahui varietas yang dimiliki oleh jagung sehingga anda tidak terlalu kesulitan dalam memilih bibi unggul untuk menghasilkan jagung yang berkualitas.

Panduan Menanam Jagung Dengan Hasil Berlimpah


Setelah mengetahui secara umum tentang varietas jagung. Sekarang saatnya beralih ke cara menanam jagung. Untuk menanam jagung, anda memerlukan berbagai macam alat pertanian, bibit jagung, dan lahan untuk menanam jagung. Komponen – komponen tersebut harus ada dan disiapkan oleh anda. Kebutuhan peralatan pertanian yang paling penting adalah peralatan yang standar. Adapun beberapa langkah dapat anda terapkan untuk melakukan budidaya tanaman jagung. Terdapat beberapa langkah yang harus anda jalani dalam bercocok tanam dengan komoditas jagung. Apa saja langkah – langkahnya ? Inilah langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk menanam jagung. Simak artikel ini dengan seksama.

Pemilihan Varietas

Sebelumnya anda mengenal varietas jagung yang dapat anda tanam, sekarang anda harus mengetahui cara memilih varietas bibit jagung. Untuk memilih bibit jagung inilah kondisi yang perlu anda penuhi sebelum membelinya.

  • Sesuaikan bibit yang anda miliki dengan kondisi lahan yang anda punyai. Percuma saja jika anda asal membeli bibit dan menanamnya begitu saja. Hal inilah yang terkadang mematahkan semangat para pemula jika hasil tanam nya tidak terlalu memuaskan.
  • Perkirakan jumlah bibit yang anda butuhkan di lahan anda. Usahakan tidak terlalu berlebihan dalam membeli bibit.

Saat ini anda tidak perlu takut untuk mencari bibit yang bagus karena di toko pertanian sudah memiliki banyak varietas bibit jagung yang unggul.

Pengolahan lahan

Anda perlu mengetahui pengolahan lahan saat anda mencari tahu tentang cara menanam jagung. Hal ini diperlukan karena lahan yang digunakan untuk membudidayakan jagung memiliki aturannya sendiri. Terdapat beberapa syarat yang harus anda penuhi agar anda bisa menanam jagung. Anda juga perlu mempersiapkannya terlebih dahulu agar anda tidak kerepotan saat menanam bibit jagung. Syarat yang harus anda penuhi dalam pengolahan lahan tanaman jagung yaitu,

  • Lahan harus mengandung unsur hara yang banyak dan subur
  • pH yang sesuai untuk menanam jagung adalah 5,6 – 7,7
  • Saat membuat bedengan, lahan ditebarkan pupuk organik di sekitarnya.

Jika anda memenuhi syarat untuk pengolahan lahan, maka anda bisa mendapatkan jagung dengan kualitas yang baik. Selain itu jagung dengan kualitas yang baik dapat meningkatkan nilai jual jagung yang anda miliki.

Penanaman Bibit Jagung

Proses ini adalah inti dari budidaya tanaman jagung. Proses penanaman akan sangat berpengaruh dengan hasil yang anda inginkan. Oleh karena itu anda harus berhati – hati dalam menanam jagung. Adapun langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk menanam jagung di lahan anda. Simak dengan seksama langkah – langkah berikut ini,

  • Buat bedengan pada lahan anda dan berikan jarak antara 100 cm x 40 cm
  • Kedalaman tanam sedalam 3 – 5 cm
  • Dalam satu lubang berisi 2 biji jagung
  • Tutup kembali lubang yang telah diberi bibit lalu anda siram.

Proses ini memang cukup sederhana, namun jika anda asal – asalan dapat menyebabkan hasil yang kurang baik atau gagal panen. Oleh karena itu anda harus serius dalam melakukan penanaman bibit jagung.

Pemeliharaan Tanaman Jagung

Jika anda sudah menanam jagung, maka anda wajib memelihara tanaman jagung yang anda punyai. Terdapat beberapa cara memelihara tanaman jagung yang dapat direkomendasikan untuk anda. Jika anda berhasil memelihara tanaman ini, niscaya anda dapat menghasilkan tanaman jagung yang berkualitas. Bagaimana cara pemeliharaan tanaman jagung ? Inilah cara pemeliharaannya yang perlu anda cermati.

  • Penyulaman, tanaman jagung perlu anda sulam. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sehingga anda harus melakukannya dengan benar. Jangan sampai anda terlambat. Waktu anda hanya 1 minggu untuk melakukan penyulaman
  • Penjarangan, langkah yang satu ini perlu anda lakukan karena hal ini adalah tahap pengontrolan tanaman. Anda dapat melakukan penjarangan saat jagung berumur 1 minggu.
  • Pembubunan, langkah ini pada intinya adalah penggalian parit antar bedengan. Hal ini ditujukan agar tanaman jagung tidak mudah rebah dan membuat jagung lebih kokoh lagi.
  • Pemupukan dan pengairan, proses ini cukup penting karena berguna untuk menambah unsur hara dan kesuburan tanah. Jika anda dengan telaten melakukan kegiatan ini, anda bisa mendapatkan tanaman yang cukup besar ukurannya.
  • Pencegahan hama tanaman, anda dapat melakukan penyiangan untuk membersihkan tanaman dari rumput penggangu atau tanaman gulma.
Jika anda merawatnya dengan maksimal, maka anda akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Gunakan waktu anda untuk memelihara tanaman jagung sebelum tiba masa panen jagung. Lakukan secara rutin agar jagung anda memiliki kualitas yang terbaik.

Panen Jagung


atau anda olah. Anda juga bisa menjadikan biji sebagai indikator. Jika biji jagung sudabaik untuk di panen. Maka segeralah panen jagung.

Indonesia adalah salah satu negara yang dapat dijadikan sebagai tempat bercocok tanam jagung. Jagung yang memiliki banyak manfaat lebih mudah diolah sehingga anda tidak perlu takut lagi untuk memulai usaha yang satu ini. Setelah anda mengetahui cara menanam jagung, anda dapat berimprovisasi dalam menanam jagung. Jika diperlukan lakukan riset agar tanaman jagung yang anda hasilkan memiliki kualitas yang baik. Cobalah dan berusahalah sehingga anda bisa menjadi pengusaha jagung yang sukses. Selamat Mencoba !

Sumber Artikel:: https://dkp3.tasikmalayakota.go.id/1116-2/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.