Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Bukan Cuma Terawan, IDI Akui Ada Ratusan Dokter Hadapi Penegakan Disiplin


Baturajaradio.com --
Pemberhentian Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menuai kontroversi. IDI menepis anggapan hanya 'menargetkan' Terawan dalam kasus penegakan disiplin kode etik.

Berbicara dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI, Ketua Pengurus Besar IDI (PB IDI) dr Adib Khumaidi menjelaskan bahwa proses penegakan etika di IDI tidak hanya dilakukan pada satu orang dokter. Tiap tahun IDI mengklaim bisa menghadapi sampai ratusan kasus penegakan disiplin anggotanya.


"Di internal kami proses etik itu bukan hanya satu orang. Kita sudah banyak melakukan proses etik di internal, sanksi etik ada, bahkan proses klarifikasi pun tidak memandang siapapun," kata dr Adib dalam rapat yang disiarkan secara daring, Senin (4/4/2022).

"Mau pimpinan PB IDI atau anggota sudah pernah dipanggil untuk melakukan klarifikasi ataupun sanksi," lanjutnya.

Hal ini disebut dr Adib menjadi bukti bahwa proses penegakan disiplin menjadi kewenangan penuh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI. Tidak ada perlakuan istimewa yang diberikan untuk seluruh anggotanya.

"Setahun itu yang terakhir bahkan hampir 200 kasus disiplin kedokteran yang diselesaikan. Itupun disampaikan pada kami untuk diteruskan ke anggota. Proses itu berjalan dengan baik, tidak ada kemudian menimbulkan gejolak dan anggota melaksanakan keputusan MKEK," pungkasnya.


Sumber Artikel:: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6016309/bukan-cuma-terawan-idi-akui-ada-ratusan-dokter-hadapi-penegakan-disiplin.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.