Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Menlu Rusia soal Invasi ke Ukraina Jadi Perang Nuklir: Saya Tak Percaya Itu


Baturajaradio.com -
Moskow - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan dirinya tidak percaya perang di Ukraina akan berubah menjadi perang nuklir. Namun, dia memperingatkan Amerika Serikat dan Eropa kalau Moskow tidak pernah lagi ingin bergantung pada Barat.

Dilansir dari Reuters, Kamis (10/3/202
2), ekonomi Rusia sedang menghadapi krisis paling parah sejak kejatuhan Uni Soviet tahun 1991 usai Barat menjatuhkan sanksi pada hampir seluruh sistem keuangan dan perusahaan Rusia menyusul invasi ke Ukraina.


Koresponden Kremlin untuk koran Kommersant Rusia bertanya ke Lavrov apakah dia berpikir perang nuklir bisa dipicu invasi ini.

"Saya tidak ingin percaya itu, dan saya tidak percaya itu," jawab Lavrov.

Lavrov menjadi menteri luar negeri Presiden Vladimir Putin sejak tahun 2004. Dia mengatakan tema nuklir telah dilemparkan ke diskusi hanya oleh Barat yang menurutnya terus kembali ke perang nuklir seperti Sigmund Freud, bapak psikoanalisis.

"Tentu saja itu memberi kita memprihatinkan ketika Barat, seperti Freud, terus kembali dan kembali ke topik ini," kata Lavrov setelah pembicaraan di Antalya, Turki dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba.

Lavrov mengatakan pembicaraan tentang potensi serangan Rusia ke negara-negara bekas Soviet Baltik seperti Lithuania, Latvia dan Estonia yang sekarang semuanya anggota Uni Eropa dan NATO 'tampak seperti hoax tua'.

Rusia dan Amerika Serikat memiliki persenjataan dengan hulu ledak nuklir terbesar setelah Perang Dingin yang membagi dunia pada abad ke-20. Putin sendiri telah memerintahkan pasukan nuklir Rusia untuk berada pada siaga tinggi usai sanksi Barat dan komentar agresif oleh anggota terkemuka dari aliansi militer NATO.

Sumber artikel:: https://news.detik.com/internasional/d-5977685/menlu-rusia-soal-invasi-ke-ukraina-jadi-perang-nuklir-saya-tak-percaya-itu.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.