Tak Dilewati Tol, Kadin PUBM dan TR Sumsel: Warga OKU Bisa Usulkan Exit Tol


Baturajaradio.com - Kepala Dinas (Kadin) PU Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) Sumatera Selatan (Sumsel) H Darma Budhi MT menyampaikan masyarakat OKU dapat mengusulkan exit Tol dekat perbatasan.

“Bisa saja bila ada usulan resmi Exit Tol karena saat ini baru pada tahap persiapan pembebasan lahan.” ungkap Darma Budhi usai  peresemian Jembatan Air Lontar Kecamatan Muarajaya Kabupaten OKU. 

Ia menjelaskan saat ini pembangunan jalan Tol Sumatera dengan panjang hampir 3.000 KM sedang dilaksanakan di beberapa daerah di Sumatera.

Untuk Sumatera Selatan yang mulai dikerjakan yaitu ruas jalan Indralaya–Muaraenim dengan panjang sekitar 119 KM melalui Prabumulih.

Untuk ruas jalan Indralaya–Prabumulih mulai dikerjakan, sedangkan untuk ruas Prabumulih–Muaraenim sedang dalam tahap persiapan pembebasan lahan.

Sehingga harapan masyarakat OKU membuat exit tol dekat perbatasan Kabupaten OKU, Kadin PUBM dan TR Sumsel mengatakan bisa ada kemungkinan bila ada usulan.
Terpisah tokoh Pengamat Sosial asal OKU Faisal Saleh mengaku prihatin saat tahu OKU tidak dilewati jalan tol.

Padahal Kota Baturaja  (Ibu Kota Kabupaten OKU) merupakan kota penyangga beberapa kabupaten tetangga letaknya sangat strategis.  

Kota  Baturaja juga menjadi pusat pendidikan, pusat pelayanan kesehatan didukung dengan RSDU Dr Ibnu Sutowo yang memiliki fasilitas lengkap dan menjadikan rujukan dari Kabupaten tetangga.

Belum lagi beberapa rumah sakit swasta  seperti St Antonio dan RS Noesmir.

“Minimal ada exit tol di Baturaja,” harap pengamat sosial yang juga putera mantan  Bupati OKU Saleh Hasan SH.

Meskipun tidak dilewati jalan tol, pemerintah harus membangun jaringan infrastruktur terdekat menuju tol yang sedang dibangun.

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/02/28/tak-dilewati-tol-kadin-pubm-dan-tr-sumsel-warga-oku-bisa-usulkan-exit-tol)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.