Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag, Praktis Tak Perlu Banyak Ruang

 




Baturaja Radio.Com - Cabe atau cabai merupakan salah satu bahan makanan yang cukup diminati di Indonesia. Cabe digunakan sebagai pelengkap makanan seperti gorengan, sayur, atau dijadikan sambal. Hal ini tak bisa lepas dari fakta bahwa orang Indonesia adalah pencinta makanan bercita rasa pedas.

Salah satu jenis cabe yang sering ditemui adalah cabe rawit. Meski berukuran kecil, cabe ini memiliki rasa yang cukup pedas. Cabe ini biasa digunakan sebagai bahan sambal atau dimakan langsung bersama gorengan hangat.

Mengenal Cabe Rawit

Cabe rawit adalah salah satu dari jenis buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Cabe rawit berwarna hijau dan akan berubah merah saat matang. Meski berukuran kecil, cabe rawit dianggap cukup pedas karena memiliki tingkat kepedasan hingga 50.000 - 100.000 pada skala Scoville.

Skala Scoville sendiri adalah ukuran mengenai pedasnya cabe. Buah genus Capsicum atau cabe mengandung capsaicin, suatu bahan kimia yang merangsang ujung saraf penerima pedas di lidah, dan satuan pedas Scoville (SHU) menunjukkan jumlah capsaicin yang ada.

Nah, harga cabe sendiri sering mengalami fluktuasi atau naik turun. Ketika terjadi kelangkaan cabe, maka tentu saja harganya pun menjadi melesat jauh. Ketika mengalami kenaikan harga, cabe bak makanan mewah yang sulit didapat.

Jika Anda merupakan salah satu penggemar cabe rawit, Anda pasti akan galau berat jika harga cabe sedang naik-naiknya. Sebenarnya Anda bisa menyiasati hal ini dengan menanam cabe sendiri di rumah.

Tak perlu takut jika rumah Anda tak memiliki halaman yang luas untuk berkebun. Anda dapat memanfaatkan polybag untuk menanam cabe dirumah. Cara Menanam Cabe rawit di polybag cukup mudah dan praktis lho. Cara Menanam Cabe Rawit di polybag, Anda cukup menyiapkan benih, dan media tanam berupa polybag serta tanah..

Memilih Benih Cabe Rawit

Langkah pertama dalam cara menanam cabe rawit di polybag adalah memilih benih cabe rawit berkualitas. Cukup mudah memilih benih cabe rawit.

Anda cukup membutuhkan cabe rawit yang masih segar. Kupas cabe lalu ambil bijinya. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Cara lain untuk mendapatkan benih cabe adalah dengan membeli bibit cabe di toko.

Namun jika Anda hendak menanam cabe dalam skala kecil seperti dalam polybag, lebih baik membuat bibitnya sendiri. Bibit cabe yang dijual di toko biasanya dalam sekala besar dan tentu saja mahal.

Rendam bibit cabe ke dalam air. Buang benih yang terapung. Hanya benih yang tenggelam di dalam air yang akan dapat disemai. Bungkus benih dalam kertas atau kain lembab selama 24-36 jam sebelum disemai.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.