Tips dan Cara Agar Pertumbuhan Pohon Karet Lebih Cepat Besar dan bisa menghasilkan getah banyak

 


Baturaja Radio.Com - Tips cara membuat pertumbuhan pohon karet lebih cepat dan bisa menghasilkan banyak getah. Pohon Karet sama seperti pohon lain pada umumnya yang perlu nutrisi untuk tumbuh.

Pohon karet sama seperti pohon - pohon lainnya yang dapat tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Pertumbuhan pohon karet sama seperti pohon kelapa, pohon jambu dan pohon - pohon lainnya yang hidup disekitar kita.

Siklus pertumbuhan pohon karet sama seperti lainnya yang awal pertumbuhannya dari biji lalu tumbuh dan berkembang sampai pada masa untuk bisa menghasilkan getah.

Pohon Karet memiliki masa pertumbuhan yang idealnya atau dari menanam sampai bisa menghasilkan getah sekitar 5 - 7 tahunan tergantung pada bibit dan perawatan lahannya.

Lalu bagaimana atau bisakah mempercepat pertumbuhan pohon karet dari menanam sampai bisa menghasilkan getah ?

Bisa saja mempercepat laju pertumbuhan pohon karet agar lebih cepat besar dan bisa menghasilkan getah karet.

Tips dan Cara Mempercepat Pertumbuhan Pohon Karet

Pada dasarnya pohon karet yang sudah ditanam maka akan bisa tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat laju pertumbuhan pohon karet supaya lebih cepat besar bisa mengikuti kiat - kiat berikut ini :

1. Memilih Lahan

Di daerah saya Sumatera Selatan Pohon karet dapat tumbuh dengan baik. Saran admin untuk memilih lahan perkebunan karet pilihlah lahan yang belum bekas penanaman pohon lainnya.

Usahakan pilihlah hutan yang masih fres atau belum dibuka atau yang belum pernah ditanami. Yang bertujuan untuk supaya kandungan gizi atau nutrisi pada tanah masih banyak.

Setalah mendapatkan lahan para petani tinggal membuka lahan dengan menebang habis atau total  kayu yang ada lahan.

Peraturan pemerintah tidak boleh lagi membuka lahan dengan cara membakar lahan. Saran admin jika terpaksa ingin membakar lahan usahakan untuk memanduk terlebih dahulu.

Memanduk atau mengumpulkan kayu ranting menjadi beberapa tumpukan lalu dibakar. Memanduk bertujuan supaya api tidak menyambar ke lahan yang lain sehingga mampu mengurangi asap polusi udara.

2. Memilih Bibit Berkualitas

Bibit mempengaruhi laju pertumbuhan pohon karet, pilihlah bibit yang unggul super atau menjadi standar supaya pohon yang ditanam bisa tumbuh dan menghasilikan getah yang diharapkan.

3. Menanam Bibit Karet

Setelah memilih bibit yang bagus tinggal proses penanaman. Untuk penanaman 3 - 5 hari sebelumnya buatlah lobang sebesar wadah polybag dan kedalaman kira - kira sekilan lebih dan pasanglah anjir / kayu yang ditancapkan supaya penempatan lobang bisa lurus dan rapih.


Lalu setelah 3 - 5 hari tanamlah bibit karet di lahan yang sudah di lobangi, jika bibit Unggul / super usahan menanam tidak sampai menutupi mata tunas.

4. Merawat Bibit Karet

Lakukan Perawatan secara teratur seperti menjaga lahan tetap bersih dari gulma atau hama, Lalu pemberian Pupuk yang tepat dan teratur yaitu 2 x dalam setahun.


Jika merawat pohon karet dilakukan dengan sabar dan tepat maka pohon yang karet yang sudah ditanam akan dapat cepat tumbuh besar dan memiliki getah yang banyak.


Cara Perawatan Pohon Karet Yang Baik Dan Benar - Pohon karet merupakan salah satu hasil alam yang dimiliki negara Indonesia. Pohon karet adalah tanaman yang menghasilkan getah atau lateks alami yang memiliki nilai jual.

Merawat  pohon karet yang baik dan benar sehingga menghasilkan getah yang banyak dan melimpah merupakan keinginan bagi para petani karet / lateks.

Tanaman karet biasanya memiliki hasil produksi lateks yang berbeda – beda hal ini tergantung pada kondisi lahan, cuaca, bibit, dan perawatan itu sendiri.

Sebenarnya perawatan tanaman karet ini tidaklah begitu sulit hanya saja sebagian orang tidak tahu atau malas. Peratan tanaman karet hanyalah cukup membersihkan gulma yang menempel pada pohon dan beberapa cara lainnya.

Berikut Perawatan Pohon Karet Agar Banyak Getah :


1 . Memebersihkan Gulma / Tanaman Penggangu

Membersihkan gulma tidak lah sulit jika kita rajin membersihkannya,jadi gulma yang menempel pada pohon karet tidak banyak sehingga pohon karet selalu terjaga kondisi dan nutrisinya.

2 .  Pemberian Pupuk

Pemupukan haruslah dilakukan untuk memberi makanan dan nutrinya yang cukup dan diperlukan oleh pohon karet. Kenapa proses pemupukan sangat dianjurkan pada pohon karet karena iklim dan kondisi kandungan tanah di berbagai daerah sangat berbeda – beda sehingga sangat diperlukan proses pemupukan.

Pemupukan juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas/banyaknya hasil getah sehingga sangat berpengaruh besar terhadap jumlah penghasilan.

Pemupukan yang yang baik adalah pupuk kompos, pupuk yang berasal dari kotoran hewan/ sisa makanan atau sejenis pupuk kompos lainnya. Pupuk kimia yang dipasar juga sangat bagus tetapi pupuk kimia bisa merusak kandungan tanah dan harga yang relatif mahal.
Proses pemupukan sebaiknya dilakukan 2 x dalam satu tahun agar nutrisi pohon karet tetap terpenuhi.

3 . Proses Penyadapan

Untuk  menghasilkan getah lateks perlu adanya proses penyadapan pada pohon karet. Penyadapan pohon karet secara langsung melukai kulit pohon sehingga pohon mengeluarkan getah. Namun proses penyadapan pohon karet yang tidak benar dapat merusak pohon karet sehingga menyebabkan pohon karet tidak lagi mengeluarkan getahnya dan bisa menyebabkan pohon mati.

Penyadapan pohon karet yang benar ialah jangan terlalu dalam dan dangkal. Jika menyadap terlalu dalam maka kayu pohon karet akan ikut tergores hal ini menyebabkan pohon bisa mati, lalu jika menyadap terlalu dangkal maka getah yang keluar tidak maksimal. Jadi pahami dan berekperimen lah pada lahan pohon karet anda sehingga kita bisa menghasilkan getah yang memiliki kualitas dan kuantitas.

Penyadapan pohon karet yang baik dan benar sebaiknya dilakukan sewaktu matahari belum menampakkan sinar panasnya yaitu sekitar 4 – 9 pagi hari atau sore hari sekitar 4 sore.

Nah itulah Cara Perawatan Pohon Karet yang baik dan benar, Terima kasih telah berkunjung jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses  ( kangkaret.Com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.