Sabar dalam Berproses, 5 Kiat Sukses Membangun Bisnismu dari Nol

 


Baturaja Radio.com - Semua orang pasti ingin punya pekerjaan yang bisa menjamin kemapanan hidupnya, dan untuk itu kamu pun dihadapkan dua pilihan, yaitu ingin meraihnya dengan kerja pada orang lain atau membangun bisnis sendiri. Kalau kamu memilih yang kedua maka pahamilah bahwa kesuksesan dalam berbisnis tidak datang dalam semalam. 


Karena ada banyak orang yang ingin cepat menikmati hasil bisnisnya tanpa tahu kalau kenyataannya justru harus bisa bersabar untuk itu. Membangun bisnis itu ada prosesnya, yang mana terkadang menemui kegagalan terlebih dulu sebelum benar-benar naik dan meningkat tajam. Dan berikut ini adalah beberapa kiatnya kalau mau sukses membangun bisnismu dari nol. 

1. Bangun hubungan baik dengan relasi dalam dunia bisnis

Sabar dalam Berproses, 5 Kiat Sukses Membangun Bisnismu dari Nol
ilustrasi bersalaman (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kiatnya yang pertama kalau mau sukses membangun bisnis dari nol ialah dengan bangun hubungan baik dengan relasi dalam dunia bisnismu. Dengan kata lain, kamu harus mencari relasi yang tepat untuk perkembangan bisnismu. 

Karena sukses dalam dunia bisnis itu gak bisa hanya sendirian, ada relasi yang harus kamu ajak kerja sama sebagai pendukung tambahan. Untuk itu, kamu harus pandai-pandai memilih dan menjaga hubungan baik dengan mereka. 

2. Jaga kepercayaan customer dengan menjaga kualitas produk

Sabar dalam Berproses, 5 Kiat Sukses Membangun Bisnismu dari Nol
ilustrasi kerja (pexels.com/Kampus Production)

Kalau mau bisnismu maju dan berkembang maka kiat kedua yang harus ditetapkan ialah dengan menjaga kualitas barang dan jasa yang kamu jual. Karena perkembangan bisnis tergantung kepuasan dan feedback positif dari customer

Bukan berarti kamu harus mendewakan pelanggan, akan tetapi cukup dengan menjaga kepercayaan mereka dengan tidak bikin kecewa dengan penurunan kualitas. Karena yang berani berbisnis juga harus sanggup bertanggung jawab atas kualitas barang atau jasa yang ia berikan sejak awal.

3. Pastikan pelayanan dalam bisnismu bagus


Sabar dalam Berproses, 5 Kiat Sukses Membangun Bisnismu dari Nol

Percaya atau tidak, berkembang pesatnya suatu bisnis tidak hanya didasari oleh kualitas produk saja, akan tetapi juga disertai dengan pelayanan baik yang diberikan. Karena kebanyakan orang pasti lebih memilih dan setia pada tempat yang memperlakukan mereka dengan baik. 

Gak ada gunanya punya barang dan jasa yang bagus kalau pelayanannya buruk, lama-lama orang bakal malas dan beralih ke yang lain. Karena pelayanan yang baik membuat orang nyaman, yang mana kenyamanan adalah hal yang selalu kita butuhkan dalam hidup ini, bukan? 


4. Bersabar untuk menikmati hasil keuntungannya

Sabar dalam Berproses, 5 Kiat Sukses Membangun Bisnismu dari Nol
ilustrasi pegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Banyak orang ingin sebikmati keuntungan dalam bisnis yang ia bangun, padahal yang mestinya dilakukan ialah bersabar untuk bisa menikmatinya. Dibanding kepuasan diri sendiri, ada perkembangan bisnis yang menjadi tanggung jawab. 

Banyak bisnis yang lama-lama meredup dan tanggelam karena si pemilik yang terlalu senang dengan keuntungan yang sedikit. Kalah dengan mereka yang bersabar dan mendahukukan perkembangan bisnis terlebih dulu dibanding kesenangan pribadi. 

5. Terus berusaha berkembang dan berinovasi agar bisnismu tidak tenggelam

Sabar dalam Berproses, 5 Kiat Sukses Membangun Bisnismu dari Nol
ilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Kiat terakhir untuk kamu yang ingin sukses dalam membangun bisnis dari nol ialah pentingnya untuk terus maju dan berinovasi agar tidak tertinggal dengan yang lain. Karena persaingan dalam dunia bisnis itu lebih ketat dibanding jika kamu bekerja di bawah perintah orang. 

Dengan kata lain kalau mau sukses berbisnis, ya, jangan mudah puas dengan apa yang ada. Harus terus berkembang dan menjadi yang terbaik di bidangnya kalau gak mau tenggelam oleh yang lain. 

Intinya, kalau mau sukses membangun bisnis maka juga harus dibarengi dengan kesabaran dalam proses mengembangkannya. Karena yang namanya keberhasilan gak bisa didapat dalam semalam, kan?

https://www.idntimes.com/life/career/afifah-hanim/kiat-sukses-membangun-bisnismu-dari-nol-c1c2/5


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.