Bakso bakar bumbu kacang.


 Baturaja Radio.comBerbagai olahan berbahan daging, baik dari daging sapi ataupun ayam memang menggugah selera. Apalagi jika diolah menjadi bakso, hmm... hampir semua kalangan usia menyukainya. Ya makanan yang satu ini memang memiliki penggemar tersendiri. Bakso pun bisa kamu nikmati dengan beragam cara, salah satunya dengan dibakar.

Biasanya kudapan ini memiliki rasa yang memanjakan lidah. Bakso bakar identik memiliki rasa pedas. Namun, saat ini sudah sangat beragam, ada pedas manis, madu, dan banyak lainnya. Kuliner bebakaran khas Indonesia ini juga umumnya dipadukan dengan bumbu ataupun bubuk cabai dan kecap. Kemudian dicampur dan dibakar menggunakan panggangan sate, pan grill, ataupun menggunakan oven.

Ada berbagai macam olahan bakso bakar dengan bumbu dan saus yang bervariatif, yang bisa kamu coba sendiri. Meskipun banyak dijumpai dan dijajakkan di pinggir jalan, tapi ukuran rasanya biasanya nggak sesuai lidahmu.

Nah kamu bisa membuatnya sesuai selera loh. Berikut beberapa resep bakso bakar enak, sederhana, dan menggugah selera, brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1

Bahan:

- 50 butir bakso sapi siap guna kualitas super
- 250 gr kacang tanah, goreng lalu haluskan
- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih kating
- 10 buah cabai merah keriting
- 4 butir kemiri
- 4 lembar daun jeruk
- 2 buah jeruk limau ukuran sangat besar
- Gula merah dan kecap sesuai selera
- Air, garam, secukupnya
- Bawang goreng secukupnya
- Minyak goreng secukupnya
- Mentega secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai merah. Lalu tumis bersama daun jeruk hingga harum dan layu.
2. Masukkan kacang goreng yang telah dihaluskan, aduk-aduk rata lalu tambahkan air, gula merah, garam, dan penyedap. Masak hingga bumbu matang, mengeluarkan minyak, dan mengental. Tambahkan kecap manis lalu aduk rata dan tes rasa.
3. Matikan api, masukkan air perasan jeruk limau kemudian aduk rata.
4. Cuci bakso lalu kerat-kerat. Tusuk-tusuk bakso kemudian bakar menggunakan olesan mentega pada baksonya sampai kematangan yang disukai. Panaskan oven selama 10 menit dengan suhu 180C. Bakar bakso selama 30 menit atau sesuaikan selera kematangan yang diinginkan.
5. Lalu olesi bakso dengan bumbu kacang, bakar sebentar jangan sampai hangus.
6. Cara penyajian, lumuri atau celupkan bakso pada bumbu kacang, sajikan bersama kecap manis, perasan jeruk limau dan bawang (briliofood.net)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.