Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Langkah Membangun Tim yang Efektif

 


Baturaja Radio.com - Dalam dunia kerja kita biasanya di hadapkan pada pekerjaan yang harus diselesaikan bersama-sama dengan tim agar hasilnya maksimal. Namun bekerja dalam tim bukanlah hal yang mudah, jika kamu seorang pemimpin dalam tim, kamu harus membuat tim kamu solid agar pekerjaanmu dapat selesai dengan baik. Aturan pertama dalam membangun suatu tim yang solid yaitu, memimpin tim secara efektif. Selalu ingat bahwa pemimpin tim yang paling efektif adalah membangun hubungan kepercayaan dan loyalitas pada tim.

  • Pertimbangkan Setiap Masing-Masing Ide

 

Tidak ada ide yang bodoh, setiap ide yang dikeluarkan oleh tim memiliki potensi untuk dikaji lebih dalam. Baik berupa mencari akar masalah maupun solusi alternatif. Setiap ide perlu dipertimbankan untuk menghargai pendapat rekan satu tim kita.

 

  • Buatlah Situasi yang Nyaman

 

Ide yang cemerlang biasanya hadir saat kita nyaman dengan suasana. Buatlah suasana bekerja kamu nyaman dan menyenangkan tapi bisa membuat tim kamu bekerja dengan fokus dan efektif. Seperti misalnya sambil mimun kopi atau makan cemilan.

 

  • Jelas Saat Berkomunikasi

 

Sebagai pemimpin tim, kamu harus berhati-hati dalam memberi tugas, dan instruksi, yang perlu disampaikan secara jelas dan spesifik untuk menghindari kesalahan pada hasil pekerjaan dan revisi berkali-kali.


  • Membangun Kepercayaan dan Kerjasama

 

Kamu harus fokus pada cara-cara anggota tim dalam bekerjasama, dan kamu perlu mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kerjasama, komunikasi, rasa hormat, dan kepercayaan antar hubungan anggota tim. Seperti selalu menghimbau mereka untuk membantu pekerjaan teman yang belum selesai.

 

  • Delegasikan Pemecah Masalah Pada Tim

 

Membiarkan tim memecahkan masalah dan saling berbagi solusi kreatif bersama-sama, untuk membangun kerjasama tim yang efektif. Dan sebagai pemimpin tim hanya perlu memberikan arahan dan petunjuk dalam penyelesaian masalah, dan membantu tim dalam memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah.

 

  • Memperluas Komunikasi

 

Komunikasi adalah faktor terpenting dalam tim, namun bukan berarti untuk mengadakan pertemuan tim sepanjang waktu. Kamu harus terbuka dalam menerima saran dan masukan, disaat diluar pertemuan maupun di luar lingkungan kerja. Kamu bisa mengajukan pertanyaan maupun bantuan pada anggota tim, agar komunikasi selau terjaga dan lancar.


  • Menetapkan Nilai-Nilai dan Tujuan Tim dan Mengevaluasi Kinerja

 

Pastikan untuk selalu berbicara kepada tim mengenai kemajuan mereka, sehingga anggota tim merasakan keberhasilan dalam pencapaian dan siap setiap tantangan yang ada. Juga pastikan agar tim bekerja sesuai dengan standar yang ada, diskusikan dengan tim mengenai :

 

Apa arti kesuksesan bagi tim kita?

Apa kita sudah benar-benar peduli dalam pekerjaan kita?


https://www.topkarir.com/2/article/detail/langkah-membangun-tim-yang-efektif

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.