Manfaat Wortel bagi Kesehatan

 

7 Manfaat Wortel bagi Kesehatan - AlodokterBaturaja Radio.com - Wortel masuk ke dalam kelompok umbi-umbian. Umumnya di Indonesia kita mengenal wortel dengan warna oranye, padahal wortel juga ada yang berwarna kuning, ungu, putih, hingga hitam.

Wortel bisa diolah dengan banyak cara, misalnya dimakan mentah, direbus, dikukus, dipanggang, dibuat jus, hingga dijadikan bahan campuran untuk membuat camilan, seperti pudding. Air perasan jus wortel juga bisa digunakan sebagai pewarna alami untuk mie dan roti yang lebih sehat.

Kandungan Nutrisi Wortel

Manfaat wortel bisa Anda dapatkan dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam setiap 100 gram wortel, terkandung 40 kalori dan beragam nutrisi berikut:

  • 9,5 gram karbohidrat
  • 2,8–3 gram serat
  • 4,8 gram gula
  • 0,9 gram protein
  • 320 miligram kalium
  • 70 miligram natrium
  • 30 miligram kalisum
  • 35 miligram fosfor
  • 20 mikrogram folat
  • 835 mikrogram vitamin A
  • 13 mikrogram vitamin K

Selain itu, wortel juga mengandung banyak senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh, seperti beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen, dan zeaxanthin. Wortel juga mengandung kolin, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E.

Beragam Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Berkat kandungan gizinya yang sangat banyak, ada beragam manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, yaitu:

1. Menjaga kesehatan mata

Ini merupakan salah satu manfaat wortel yang paling terkenal. Wortel baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan, seperti wortel, Anda akan berisiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

2. Mengurangi risiko kanker

Konsumsi wortel secara rutin juga dapat menurunkan risiko Anda untuk menderita penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Hal ini karena wortel merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, antosianin. Kandungan tersebut mampu melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh, sehingga dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

3. Menjaga kadar gula darah tetap normal

Wortel adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, baik pada pasien diabetes maupun orang yang sehat. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

Selain itu, pada orang yang sehat, wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, sehingga mereka bisa tercegah dari penyakit diabetes. Ini karena wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat wortel dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung bisa diperoleh berkat kandungan kalium, antioksidan, dan serat di dalam sayuran ini.

Kalium pada wortel baik untuk menjaga tekanan darah normal, sedangkan serat dan antioksidannya baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

5. Menyehatkan dan melancarkan pencernaan

Serat dan air dalam wortel mampu memperlancar proses pencernaan serta membuat tinja lebih padat dan lunak, sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi konstipasi. Tak hanya itu, wortel juga memiliki efek prebiotik yang baik untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus.

6. Mencegah obesitas

Apakah Anda sedang berupaya untuk diet dan mengontrol berat badan? Jika iya, coba perbanyak konsumsi wortel. Ini karena wortel mengandung sedikit kalori, tapi padat nutrisi, seperti protein, serat, air, vitamin, dan mineral. Kandungan serat pada wortel juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, nafsu makan Anda akan lebih mudah terkontrol, dan Anda pun bisa lebih mudah mengatur pola makan agar tidak mengalami obesitas.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, misalnya virus Corona.

Namun, di samping dengan konsumsi wortel, Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara lainnya, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin olahraga.

Mengingat ada banyaknya manfaat wortel bagi tubuh, mulai sekarang biasakanlah untuk menambahkan wortel ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Namun, ingat. Saat membeli wortel, pilihlah wortel yang masih segar, keras, dan kering.

Sebelum mengonsumsinya, bersihkan dan kupaslah kulit wortel dengan baik, dan masaklah hingga matang.( alodokter.cm)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.