Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Manfaat Labu Kuning yang Sangat Berguna untuk Kesehatan

 Manfaat labu kuning salah satunya dapat menurunkan risiko kankerBaturaja Radio.com - Manfaat labu kuning untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari membantu menurunkan berat badan, serta baik untuk kulit hingga jantung. Buah ini dipercaya baik untuk diet.

Meski sering dikonsumsi, namun belum banyak orang yang tahu, jika ternyata manfaat labu kuning atau labu parang untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah yang biasa menjadi hiasan saat Halloween ini, dipercaya baik untuk Anda yang sedang diet.

Tidak hanya sampai di situ, manfaat labu parang juga berpotensi membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Sebelum menilik lebih jauh khasiat labu kuning, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan gizi yang terkandung dalam buah ini.

Kandungan nutrisi labu kuning

Jika bicara soal makanan yang banyak mengandung vitamin A, Anda mungkin akan terpikir soal wortel. Tidak kalah, labu kuning ternyata juga sangat kaya akan kandungan vitamin yang baik untuk mata ini.Dalam sekitar 250 gram labu kuning yang dimasak, kandungan vitamin A di dalamnya bahkan sudah dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 245%. Lebih lengkap, berikut ini nutrisi yang bisa didapatkan dalam sekitar 250 gram labu kuning yang telah dimasak:

  • Kalori: 49
  • Lemak: 0,2 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 3 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Vitamin C: 19% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalium: 16% dari kebutuhan harian tubuh
  • Tembaga: 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Mangan: 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin B2: 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin E: 10% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi: 8% dari kebutuhan harian tubuh

Manfaat labu kuning untuk kesehatan

Kandungan nutrisinya yang beragam, membuat manfaat labu kuning untuk kesehatan juga berlimpah, seperti di bawah ini.

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan kalori dalam labu kuning, tergolong rendah. Sebab, sebagian besar kandungan buah ini atau 90 persennya, terdiri dari air. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.Selain itu, manfaat labu kuning untuk diet juga karena buah labu parang ini mengandung rendah kalori dan karbohidrat. Oleh karena kandungan tinggi serat, rendah kalori, dan karbohidrat ini, buah labu menjadi cemilan diet yang pas agar terhindar dari kenaikan berat badan.

2. Baik untuk kesehatan mata

Buah labu kuning juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dipercaya dapat membantu mencegah katarak, serta memperlambat perkembangan penyakit degenerasi makula.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat labu kuning untuk sistem kekebalan tubuh, didapatkan dari kandungan vitamin C serta beta karoten dalam biji labu. Oleh tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang akan memicu pembentukan sel darah putih. Sel darah putih berperan sangat penting dalam melawan infeksi yang terjadi di tubuh.

4. Membuat kulit jadi awet muda

Labu kuning mengandung beta-karoten, yang dapat berperan melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari. Manfaat labu parang untuk kulit juga didapatkan dari kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin E, yang dapat menjaga kulit agar tetap sehat.

5. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Manfaat buah labu parang yang tidak kalah berkhasiat adalah dapat menurunkan risiko kanker. Dikutip dari penelitian, labu kuning kaya akan kandungan carotenoid, yaitu antioksidan yang dapat disebut dapat membantu menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Beberapa penelitian menyebutkan konsumsi carotenoid dalam jumlah yang cukup, dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker pankreas, tenggorokan, dan lainnya.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Labu kuning mengandung beberapa bahan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti vitamin C, serat, dan kalium. Manfaat buah labu kuning dari kandungan tinggi kaliumnya adalah dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.Sedangkan serat dan antioksidan dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Sejumlah studi pun menyebutkan bahwa asupan serat dan antioksidan yang cukup sangat berperan penting untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 

7. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Manfaat labu parang lainnya adalah membuat tidur lebih nyenyak. Salah satu bagian labu kuning yang bermanfaat adalah bijinya. Biji labu kuning, mengandung triptofan, sejenis asam amino yang dapat memicu rasa kantuk. Bahan ini juga mendorong pengeluaran hormon serotonin, yang dapat membuat tubuh merasa lebih rileks, dan siap untuk beristirahat.

8. Menjaga kesehatan prostat

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, minyak biji labu kuning berhasil mencegah pembesaran prostat yang tidak normal. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, untuk benar-benar memastikan manfaat labu kuning yang satu ini.

9. Dapat membantu mengontrol kadar gula darah

Bahan yang terkandung dalam biji labu kuning, dapat membantu penyerapan gula di jaringan dan tubuh, serta menyeimbangkan kadar gula di hati. Peran ini membuat biji labu kuning dipercaya dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.Namun, penelitian mengenai hal ini masih perlu lebih banyak dilakukan, untuk memastikan manfaat labu kuning terhadap kadar gula darah di tubuh.

10. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu nutrisi yang penting untuk mengatasi masalah pencernaan adalah serat. Mencukupi kebutuhan serat harian bisa dilakukan dengan mengonsumsi labu. Labu kuning adalah salah satu jenis buah yang mengandung tinggi serat, sehingga bisa membantu Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit serta membantu BAB lebih lancar dan teratur. 

11. Baik untuk tulang

Manfaat labu kuning yang juga tak boleh diremehkan selanjutnya adalah baik untuk tulang. Sebab, labu kuning mengandung banyak vitamin K yang baik untuk tulang dan juga jantung.Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang dimiliki labu kuning juga dibutuhkan untuk perkembangan tubuh dan perbaikan jaringan tubuh.

Catatan dari SehatQ

Manfaat labu kuning untuk kesehatan didapatkan dari berbagai vitamin, mineral, serta antioksidan yang dikandungnya. Labu kuning juga tidak memiliki banyak kalori, sehingga baik bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.Manfaat labu kuning untuk bayi juga sangat beragam. Labu kuning cocok dijadikan sebagai menu MPASI yang bisa menjadi sumber energi rendah lemak untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi saraf serta otak si Kecil.Meski begitu, Anda perlu ingat bahwa masih ada risiko alergi yang mungkin muncul pada beberapa orang. Sehingga, Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Ingat juga untuk membuat oalahan labu kuning yang sehat, agar gizi dan nutrisinya tetap terjaga.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar khasiat labu parang, Anda bisa  chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.(sehatq.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.