Evakuasi Gajah Liar di Mekakau OKU Selatan Dijadwalkan Seminggu: Sering Rusak Pondok dan Perkebunan

Evakuasi Gajah Liar di Mekakau OKU Selatan Dijadwalkan Seminggu: Sering Rusak Pondok dan Perkebunanbaturajaradio.com - Seekor gajah liar betina yang berada di wilayah Mekakau Kabupaten OKU Selatan bakal dievakuasi untuk nantinya dipindahkan ke habitat wilayah Hutan Suaka Marga Gunung Raya.

Pemindahan gajah melibatkan tim gabungan BKSDA Sumsel, PolHut, BPBD setempat dan seorang pawang bersama d
ua ekor Gajah Pikat yang didatangkan dari Palembang dengan agenda lebih kurang sepekan.

"Lebih kurang seminggu, kita melakukan pencarian keberadaan Gajah dahulu untuk memastikan tempatnya berada sebelum dua gajah betina sebagai pikat tiba," terang Doni Agusta Kepala BPBD OKU Selatan (22/8).

Kawanan gajah dikembalikan ke habitatnya dikarenakan telah kerap kali merusak pondok dan perkebunan warga di wilayah Kecamatan Mekakau Ilir dan menyebabkan keresahan para petani.

Diketahui terdapat dua kelompok gajah liar di OKU Selatan, yang terdapat di wilayah kecamatan Mekakau Ilir menyisakan 1 ekor setelah seekor ditemukan mati 2018 lalu, dan di Kecamatan Buay Pemaca lebih dari 1 ekor.

Namun sementara ini Tim gabungan memfokuskan satu gajah di wilayah Mekakau Ilir dengan evakuasi menggunakan suntik bius.

“Untuk sementara ini evakuasi di fokuskan di wilayah Mekakau, dan proses jauh dari pemukiman warga," 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dalam proses pengevakuasian, tim gabungan akan menjauh dari pemukiman warga.



(https://palembang.tribunnews.com/2021/08/22/evakuasi-gajah-liar-di-mekakau-oku-selatan-dijadwalkan-seminggu-sering-rusak-pondok-dan-perkebunan)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.