Khasiat Daun Bidara bagi Kesehatan, Bantu Atasi Jerawat hingga Kolesterol

 


Baturaja Radio.Com  -Berasal dari pohon bidara, daun bidara dianggap dapat menjadi solusi alami untuk beberapa masalah kesehatan. Tanamannya sendiri biasa tumbuh di tempat kering. Selain daunnya, buah dari tanaman ini juga dinilai mampu mengatasi penyakit kronis.

Tanaman bidara dapat tumbuh hingga mencapai sekitar 6 – 15 meter. Daun bidara memiliki permukaan daun yang halus. Meski begitu, ranting dan cabang dari tanaman ini disertai dengan duri.

Khasiat daun bidara didukung dengan adanya senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri terdapat di dalam daun bidara. Selain itu, tambahan sifat antioksidan dan antibakterinya, mengoptimalkan manfaat daun ini untuk kesehatan tubuh.

Namun sayangnya, khasiat daun ini masih sering diabaikan. Berikut adalah beberapa khasiat daun bidara yang bisa anda dapatkan, yang telah kami rangkum dari liputan6.com.

Merawat Rambut

Khasiat daun bidara yang pertama adalah untuk merawat rambut. Daun bidara dipercaya dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Daun bidara dipercaya dapat mencegah kerontokan dan membuat rambut menjadi lebih kuat. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic.

Mengatasi Sariawan

Khasiat daun bidara yang kedua yakni untuk mengatasi sariawan. Daun bidara memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, yang dapat mencegah bakteri berada di dalam mulut. Hal ini akan membantu anda mengatasi berbagai masalah mulut, seperti sariawan dan bibir pecah-pecah.

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun bidara yang ketiga yaitu mampu mengatasi jerawat. Efek daun bidara ini juga bagus untuk merawat kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang diyakini dapat membantu mengatasi jerawat.

Caranya cukup mudah, Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Anda juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara yang keempat adalah dapat mengatasi insomnia. Daun bidara memiliki kandungan saponin, yang mana berkhasiat untuk memberikan efek yang menenangkan. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh. Daun bidara akan menjadi obat tidur alami yang baik sekaligus sebagai peningkat kualitas tidur anda.

Meringankan Depresi

Manfaat daun bidara yang kelima yaitu dapat meringankan depresi. Apabila anda atau orang terdekat anda sering mengalami depresi, anda bisa coba mengatasinya dengan menggunakan daun bidara.

Senyawa yang ada di dalam daun ini dapat memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh. Anda bisa mengolahnya menjadi teh untuk mendapatkan efek tersebut. Orang tua atau orang dewasa bisa menjadikan teh ini pilihan alami untuk mengatasi stres mereka.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun bidara yang selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Selain mengatasi masalah jerawat, daun bidara juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. Caranya, anda bisa menggunakan daun bidara sebagai masker seperti ketika membuat masker untuk mengatasi jerawat.

Dengan menggunakan masker daun bidara, dapat membantu mencegah keriput dan juga lingkaran hitam yang ada di bawah mata, yang mana keduanya merupakan gejala penuaan dini.

Anda juga bisa menggunakan serbuk daun bidara yang dicampur dengan madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah anda berseri dan mengurangi keriput.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara yang berikutnya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Kedua sifat ini akan sangat membantu dalam mempercepat proses regenerasi kulit. Luka sayatan, gores, dan lecet mampu disembuhkan dengan menggunakan daun bidara ini.

Selain itu, daun bidara juga memiliki kandungan senyawa glikosida yang dapat menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan luka bakar.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup dengan meminum air rebusan daun bidara. Anda juga bisa mengambil bubuk ekstrak daun bidara, yang kemudian dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu balurkan pada area yang terluka.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun bidara yang berikutnya adalah dapat menurunkan kolesterol. Serat yang larut dalam air dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Serat ini bisa anda dapatkan melalui air rebusan daun bidara. Daun bidara akan bermanfaat untuk mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan kemudian membuangnya keluar melalui feses.

Menjaga Jantung

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah dapat menjaga Kesehatan jantung. Penyakit jantung memiliki berbagai penyebab, salah satunya adalah pola makan. Anda bisa menambahkan air rebusan daun bidara ke dalam menu pola makanan anda untuk mencegah munculnya penyakit ini.

Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Manfaat daun bidara yang terakhir yaitu mampu mengatasi masalah pada pencernaan. Daun bidara berkhasiat untuk meringankan dampak negatif dari asam lambung, sehingga cocok bagi para penderita maag.

Selain itu, daun bidara juga mampu mengeluarkan racun yang terdapat dalam sistem pencernaan sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan lainnya, serta mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa meminum air rebusan daun bidara secara rutin, atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika anda mengalami wasir.(merdeka.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.